Makna Pendidikan Anak Bagi Penerima Program Keluarga Harapan (PKH)

  • RIYANG PRASASTI
  • SUGENG HARIANTO

Abstract

Abstrak

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan bantuan sosial yang dibangun dalam rangka mempertahankan kesejahteraan masyarakat miskin serta memotong rantai kemiskinan untuk generasi yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kondisi sosial ekonomi penerima PKH di Desa Ngepeh, memahami motif sebab (because motive), dan motif tujuan (in order to motive) orangtua terhadap pendidikan anak. Penelitian ini adalah bersifat kualitatif dengan mengunakan pendekatan Fenomenologi Alfred Schutz. Teori yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah mengunakan teori Fenomenologi dari Afred Schutz yang membahas tentang motif sebab dan motif tujuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi dapat dilihat dari pendidikan, pekerjaan, pendapatan, kesehatan, kebutuhan sehari-hari, serta konsumsi. Selain itu penelitian ini menemukan motif sebab dan tujuan penerima PKH Desa Ngepeh Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun menyekolahkan anak-anaknya. Yang menjadi motif sebab antara lain: latar belakang pendidikan orangtua, religiusitas orangtua, pendidikan tidak terkait dengan pekerjaan, dan litersi orangtua. Sementara itu motif tujuan antara lain: mendapatkan pekerjaan dan pendapatan, literasi anak, religiusitas anak, dan mendapatkan bantuan PKH.

Kata Kunci: kemiskinan, penanggulangan kemiskinan, motif sebab, motif tujuan

Published
2018-07-17
How to Cite
PRASASTI, R., & HARIANTO, S. (2018). Makna Pendidikan Anak Bagi Penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Paradigma, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/24225
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 62