MAKNA PEKERJAAN DOMESTIK ISTRI BAGI SUAMI(Studi pada Rumah Tangga Nelayan di Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabaupaten Gresik)

  • NUR FAJRIYATUS SAIDAH
  • SUGENG HARIANTO

Abstract

Abstrak

Masyarakat pesisir di Desa Campurejo, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan.Fenomena pekerjaan nelayan merupakan suatu pekerjaan berat dan penuh resiko sehingga pada keluarga nelayan dikerjakan oleh laki-laki, sedangkan istri berperan sebagai ibu rumah tangga. Pembagian peran pekerjaan dalam rumah tangga nelayan pada budaya patriarki, yakni suami bekerja menangkap ikan di laut sedangkan istri bekerja di ranah domestik. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan motif sebab dan motif tujuan suami memberikan pemaknaan terhadap pekerjaan domestik istri pada rumah tangga nelayan. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan perspektif fenomenologi oleh Alfred Schutz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi motif sebab suami memaknai pekerjaan domestik istri, yakni disebabkan adanya latar belakang pendidikan, ekonomi, pengetahuan agama, dan budaya patriarki. Sedangkan pada motif tujuan, suami memaknai pekerjaan domestik istri, bahwa suami mengerti tentang pekerjaan domestik yang dilakukan oleh istri dan membantu meringankan beban pekerjaan domestik istri, serta merupakan bentuk kepatuhan istri terhadap suami.

Kata Kunci: Pemaknaan, Pekerjaan Domestik, Fenomenologi

Published
2018-11-28
How to Cite
FAJRIYATUS SAIDAH, N., & HARIANTO, S. (2018). MAKNA PEKERJAAN DOMESTIK ISTRI BAGI SUAMI(Studi pada Rumah Tangga Nelayan di Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabaupaten Gresik). Paradigma, 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/26111
Section
Articles
Abstract Views: 247
PDF Downloads: 129