KONSTRUKSI SOSIAL SISWA SEKOLAH BERBASIS ISLAM TENTANG RELASI GENDER DALAM PENDIDIKAN (Studi Pada Siswa Kelas XI IPS MA Hasyimiyah di Desa Tajung Widoro Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik)

  • INTAN DEVI ORLITA SARI
  • REFTI HANDINI LISTYANI

Abstract

Abstrak

Ketidaksetaraan gender masih diterapkan dalam proses pembelajaran di Madrasah melalui kebudayaan patriarki dan keagamaan baik di dalam kelas dan ekstraklikuler, sehingga secara tidak langsung siswa terpengaruh dengan menjadi bagian dari keyakinan orang-orang disekitar Madrasah.Penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakonstruksi sosial siswa sekolah berbasis Islam tentang relasi gender dalam pendidikan.Jurnal ini bertujuan untuk mengungkapkan konstruksi sosial siswa tentang relasi gender melalui proses pembelajaran di dalam kelas dan ekstrakulikuler. Masalah ini dibahas berdasarkan fakta yang ada dilapangan dengan metode penelitian deksriptif kualitatif dengan perspektif teoritik Peter L Berger.Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa konstruksi mengenai perbedaan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan muncul dari pembelajaran didalam kelas dan ekstrakulikuler. Siswa laki-laki diunggulkan ke arah kepemimpinan yang melindungi siswa perempuan. Sedangkan jabatan dari siswa perempuan0disini kearah yang terlindungi.

Kata Kunci : Konstruksi Sosial, Relasi Gender, Pendidikan


Abstract

Gender inequality still applied on process of learning in Madrasah’s through patriarchal and religious both in the class and also extracurricular, so indirectly students are affected being part of the faith of people around the Madrasahs.This research is to know how social construction of Islamic school-based student about gender relation in education.This journal aims to reveal students gender relation’s social constructions through in class and extracurricular learning processes. This problem discuss based the facts on the field with qualitative descriptive research method with theoretical perspective of Peter L Berger. Results of the research show the construction of differences between male and female students come up from learning in the classroom and extracurricular. Male students are seeded toward leadership that protects female students. While position of female students here towards toprotected.

Keywords :Social Construction, Gender Relations, Education




Published
2018-07-17
How to Cite
DEVI ORLITA SARI, I., & HANDINI LISTYANI, R. (2018). KONSTRUKSI SOSIAL SISWA SEKOLAH BERBASIS ISLAM TENTANG RELASI GENDER DALAM PENDIDIKAN (Studi Pada Siswa Kelas XI IPS MA Hasyimiyah di Desa Tajung Widoro Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik). Paradigma, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/24227
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 126