DRAMATURGI PENERIMA KARTU INDONESIA SEHAT (Studi Kasus di Desa Ngepeh Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun)

  • VENNI EPRILLIA DHAMAYANTI
  • ARI WAHYUDI

Abstract

Abstrak

Kartu Indonesia Sehat merupakan program bantuan sosial dari pemerintah untuk memberikan jaminan kesehatan yang layak bagi masyarakat Indonesia dengan keadaan ekonomi miskin atau tidak mampu. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kondisi objektif (keseharian),perilaku,dan praktik dramaturgi penerima Kartu Indonesia Sehat. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan Etnometodologi, dan menggunakan prespektif Teori Dramaturgi Erving Goofman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi objektif atau keseharian penerima KIS dapat dilihat dari penampilan,bahasa tubuh (gesture),dan tutur bahasa. (1.) Panggung depan yang ditunjukkan oleh penerima KIS merupakan cara untuk membentuk kesan kepada audiens. Pembentukan kesan tersebut ditunjukkan dengan cara berpenampilan,barang yang digunakan,raut wajah yang ditampakkan,dan tutur bahasa yang digunakan. Panggung belakang yang ditunjukkan oleh penerima KIS merupakan keadaan ekonomi yang sebenarnya,yang tidak sesuai dengan kriteria untuk memperoleh KIS. (2.) Panggung belakang tersebut dapat dilihat dari keadaan rumah,kepemilikan barang,dan sumber pendapatan.

Kata Kunci: Dramaturgi,Kartu Indonesia Sehat,Etnometodologi

Abstrack

Healthy Indonesia Card is a social assistance program from the government to provide a decent health insurance for Indonesian society with poor or inadequate economic. This study aims to understand the objective conditions or daily life,behavior,and practice dramturgi recipient Healthy Card Indonesia. This research is qualitative by using Etnometodology approach, and using the prespective of dramaturgy drafting theory goofman. This results of this study indicate that (1.) conditions objective or daily KIS receiver can be seen from the appearance,body language,and speech language. (1.) The front stage shown by the recipient of KIS is a way to from an impression to the audience. The formation of the impression is shown by the appearance of goods used,facial expression and speech language used. The backstage shown by the recipient of KIS is an actual economic condition,which is not in accordance with the criteria for obtaining KIS. (2.) The back stage can be seen from the state of the house,ownership of goods,and sources of income.

Keywords: Dramaturgy,Healthy Indonesia card,Ethnometodology





Published
2018-08-01
How to Cite
EPRILLIA DHAMAYANTI, V., & WAHYUDI, A. (2018). DRAMATURGI PENERIMA KARTU INDONESIA SEHAT (Studi Kasus di Desa Ngepeh Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun). Paradigma, 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/25079
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 56