Dinamika Penyelenggaraan pendidikan inklusif di SMAN 4 Sidoarjo

  • CAHYANING SUKMAWATI
  • ARI WAHYUDI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dinamika penyelenggaraan pendidikan inklusif dan mengidentifikasi bentuk disfungsi, fungsi manifes-laten, serta bentuk inovasi yang dilakukan oleh para penyelenggara dalam melaksanakan pendidikan inklusif di SMAN 4 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan teori taraf menengah Robert K. Merton dan bentuk adaptasi yang terdapat dalam teori perilaku menyimpang Merton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualtitatif deskriptif yang berusaha menjelaskan sebah fenomena secara mendalam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya dinamika penyelenggaraan pendidikan inklusif di SMAN 4 Sidoarjo, yang terlihat dari beberapa perubahan pada aspek sekolah dari awal penyelenggaraan hingga berjalan sampai saat ini. Salah satunya adalah bertambahnya organisasi sekolah yang khusus menangani masalah inklusi. Dinamika yang terjadi ini menggiring pada fenomena lain yakni adanya disfungsi, fungsi manifes, dan fungsi laten yang ditemukan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di SMAN 4 Sidoarjo. Sedangkan untuk inovasi yang dijumpai dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif adalah inovasi dalam proses penerimaan siswa difabel, inovasi dalam pemberian nilai siswa difabel, dan inovasi dalam proses KBM di kelas.






Published
2019-02-19
How to Cite
SUKMAWATI, C., & WAHYUDI, A. (2019). Dinamika Penyelenggaraan pendidikan inklusif di SMAN 4 Sidoarjo. Paradigma, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/27016
Section
Articles
Abstract Views: 120
PDF Downloads: 113