RELASI SOSIAL PENGUSAHA DAN PENGRAJIN BATIK AL-BAROKAH

  • AUFA ASFARINA SHOLIHAH
  • PAMBUDI HANDOYO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relasi sosial yang terjalin antara pengusaha dan pengrajin batik Al-Barokah. Lokasi penelitian di Desa Pekandangan Tengah, Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pertukaran sosial Peter M Blau dan patron klien James Scott digunakan sebagai perspektif teori. Subjek dalam penelitian yaitu pengusaha dan pengrajin yang sudah lama bekerja di industri ini. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis Miles dan Haberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 3 kategori. Kategori tersebut antara lain relasi sosial yang terjadi berdasarkan faktor ekonomi, faktor sosial, dan agama. Relasi sosial berdasarkan faktor ekonomi yaitu memberi lowongan pekerjaan, perekrutan pengrajin, dan menjualkan kain. Relasi sosial berdasarkan faktor sosial yaitu menjenguk keluarga sakit, membantu jika kesulitan dan saat hajatan. Relasi sosial berdasarkan agama yaitu ketika terjadi masalah, merekatkan tali silaturrahmi, dan konteks ibadah. Antara pengusaha dan pengrajin terdapat sebuah pertukaran sosial yaitu saling membantu satu sama lain.

Kata Kunci : Relasi Sosial, Pengusaha, Pertukaran Sosial, Pengrajin Batik, Patron Klien

Published
2020-01-16
How to Cite
ASFARINA SHOLIHAH, A., & HANDOYO, P. (2020). RELASI SOSIAL PENGUSAHA DAN PENGRAJIN BATIK AL-BAROKAH. Paradigma, 7(4). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/31718
Section
Articles
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 94