FUNGSI SOSIAL LANSIA PADA KELUARGA MISKIN (Studi Etnometodologi Tentang Pengemis Lansia di Makam Sunan Giri Kabupaten Gresik)

  • DONI LAKSONO SUBAGIO
  • PAMBUDI HANDOYO

Abstract

Lansia terkategori kelompok usia yang rentan dan tidak berdaya. Akses ekonomi yang terbatas berimbas pada tingginya jumlah pengangguran bagi seorang lansia. Upaya mengatasi kemiskinan dan kondisi demikian adalah dengan meminta-minta di Makam Sunan Giri. Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi objektif pengemis lansia, tindakan-tindakan, nilai-nilai budaya kemiskinan dan fungsi sosial pengemis lansia yang ada di Makam Sunan Giri Gresik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan perspektif teori etnometodologi dan teori kebudayaan kemiskinan. Subjek dipilih dengan teknik purposive dan pengambilan data melalui data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik analisis model interaktif Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini bahwa kondisi objektif pengemis lansia yang mengemis di Makam Sunan Giri memiliki beragam kondisi satu dengan yang lainnya. Usia lansia yang dicirikan dengan fisik lemah, minim keterampilan, dan tidak laku dalam pekerjaan, ditambah sudah menjadi kebiasaan sejak lama sehingga budaya meminta-minta berkembang di pengemis lansia. Ditandai dengan nilai-nilai budaya kemiskinan yang nampak pada pengemis lansia seperti; Pertama, sikap pasrah diri dan miskin mental. Kedua, rendahnya partisipasi pada lembaga masyarakat. Dalam praktik meminta-minta di Makam Sunan Giri terdapat norma yang harus dipatuhi, diantaranya; harus berpakaian rapi dan berucap sopan, tidak diperbolehkan mengemis disembarang tempat, dan makam harus steril pengemis ketika ada pejabat berkunjung. Adanya pengemis lansia di makam juga memiliki fungsi sosial di masyarakat, diantaranya yaitu; (1) tempat bersedekah atau beramal, (2) tempat munculnya sikap altruistik terhadap pengemis lansia, (3) tempat penyedia do’a bagi peziarah. (4) tempat penukaran uang receh atau koin.

Kata Kunci: Pengemis Lansia, Fungsi Sosial, Kebudayaan Kemiskinan

Published
2020-06-18
How to Cite
LAKSONO SUBAGIO, D., & HANDOYO, P. (2020). FUNGSI SOSIAL LANSIA PADA KELUARGA MISKIN (Studi Etnometodologi Tentang Pengemis Lansia di Makam Sunan Giri Kabupaten Gresik). Paradigma, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/34485
Section
Articles
Abstract Views: 226
PDF Downloads: 217