Gaya Hidup Konsumsi Fashion Mahasiswa Rantau Bangkinang di Kota Surabaya
Abstract
Penampilan fashion membantu dan mendefinisikan nilai, sikap, dan posisi sosial. Karena itulah gaya hidup fashion merupakan bagian dari aktivitas kehidupan kita sehari-hari. Penelitian ini dilatar belakangi oleh konsumsi produk fashion dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengetahui motif mahasiswa yang bergaya hidup konsumstif fashion di pusat perbelanjaan kota Surabaya. Peneliti menggunakan teori konsumsi Jean Baudrillard yang menjelaskan tentang pola perilaku konsumtif berdasarkan nilai dan tanda, perilaku yang dilakukan tanpa mempertimbangkan fungsi dan kegunaan ketika membeli suatu barang, melainkan mempertimbangkan suatu prestige yang ada dalam barang tersebut. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif sebagai penyelidikan untuk memahamai fenomena sosial dan masalah manusia berdasarkan gambaran berupa laporan kata-kata yang disusun secara ilmiah. Jenis-jenis konsumsi fashion yang dilakukan oleh para perantauanantara lain, baju, sepatu, kaos, jaket, celana, dan kacamata. Terdapat juga faktor mahasiswa rantau mengkonsumsi produk fashion antara lain yaitu; faktor ekonomi, faktor “keren”, dan faktor tempat.
PDF Downloads: 120