Konstruksi Pedagang Pasar Wonokromo Tentang Layanan Aplikasi Grabmart Dalam Meningkatkan Perekonomian

  • Berliana Kurniasari Berli Universitas Negeri Surabaya
  • Pambudi Handoyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstract
Traditional markets or people's markets are markets that play an important role in promoting economic
growth in Indonesia and have a natural competitive advantage. However, on the one hand, technological
developments are increasingly sophisticated from year to year and have led to the emergence of online shopping
sites. This condition makes it possible for traditional markets to keep up with these developments so that they
are not left behind by the times. There are many ways that are used mainly by traders in selling their products,
including online. One of them is the emergence of the Grabmart service in the Grab application which can
help merchants sell their wares online. This study aims to determine the social construction of Wonokromo
market traders regarding Grabmart services. This study uses a descriptive qualitative research method. Data
collection was carried out through interviews with 5 informants as traders selling at the Wonokromo market.
The results of this study indicate that the construction of Wonokromo market traders varies regarding
Grabmart services. This is due to differences in objective and subjective conditions experienced by some
individuals.
Abstrak
Pasar tradisional atau pasar rakyat merupakan pasar yang berperan penting dalam memajukan
pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan memiliki keunggulan bersaing secara alamiah. Namun di satu sisi
perkembangan teknologi dari tahun ke tahun semakin canggih dan membuat munculnya situ perbelanjaan
secara online. Kondisi ini membuat bagaiman caranya supaya pasar tradisional dapat mengikuti perkembangan
tersebut supaya tidak tertinggal oleh jaman. Banyak Sekali cara yang dilakukan terutama oleh pedagang di dalam
menjual produknya termasuk secara online. Salah satunya munculnya layanan Grabmart di dalam aplikasi Grab
yang dapat membantu para pedagang dalm menjual dagangannya secara online. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui konstruksi social pedagang pasar wonokromo tentang layanan Grabmart. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan
5 narasumber sebagai pedagang yang berjualan di pasar wonokromo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
konstruksi para pedagang pasar wonokromo bermacam-macam tentang layanan Grabmart. Hal tersebut
dikarenakan adanya perbedaan kondisi objektif dan subjektif yang dialami oleh beberapa individu
Keywords: Social Construction, Traders, Grabmart

Published
2023-07-24
How to Cite
Berli, B., & Handoyo, P. (2023). Konstruksi Pedagang Pasar Wonokromo Tentang Layanan Aplikasi Grabmart Dalam Meningkatkan Perekonomian. Paradigma, 12(1), 179-189. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/55752
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 19