PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KELERENG PADA PEMBELAJARAN MATERI GERAK DAN GAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VIII

  • HANIS PRAMUDAWARDANI
  • WAHONO WIDODO

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media permainan kelereng dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan komunikasi siswa dengan menggunakan media permainan kelereng. Prosedur penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang dibatasi hingga tahap keenam yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba terbatas. Uji coba media permainan dilakukan di SMPN 2 Gedangan Sidoarjo di kelas VIII D dengan menggunakan One Group Pretest and Posttest Desain. Data yang diambil secara tes uraian diperoleh hasil keterampilan komunikasi tertulis siswa diperoleh n-gain sebesar 0,9 dengan kategori tinggi. Sedangkan uji t diperoleh menggunakan SPSS 7.0 menunjukkan nilai sig (2-Tailed) adalah 0.000˂0,05 dengan keterangan efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi tertulis siswa. Data yang diambil secara tes lisan pada pada keterampilan komunikasis lisan siswa dari aspek komunikasi konsep diperoleh persentase sebesar 75% dengan kategori baik, dari aspek artikulasi sebesar 92% dengan kategori sangat baik, dari aspek bahasa sebesar 88% dengan kategori sangat baik, dan dari aspek cara penyampaian dengan hasil persentase sebesar 85% dengan kategori baik.

Kata Kunci: Permainan kelereng, Keterampilan komunikasi, Gerak dan gaya.

Published
2018-05-22
How to Cite
PRAMUDAWARDANI, H., & WIDODO, W. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KELERENG PADA PEMBELAJARAN MATERI GERAK DAN GAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VIII. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23238
Abstract View: 63
PDF Download: 29