KEEFEKTIFAN ALAT PERAGA BUNYI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

  • ACH MUCHLIS AMINULLOH
  • WAHONO WIDODO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan alat peraga pada materi bunyi. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan media pembelajaran dengan model Research and Development (R&D). Namun, pada penelitian ini tahap yang ditempuh hanya sampai uji coba terbatas saja. Penelitian ini dilakukan pada 20 orang siswa kelas VIII SMPN 17 Surabaya dengan desain penelitian yaitu One Group pre-test and post-tes design. Keefektifan alat peraga diperoleh dari hasil angket motivasi belajar siswa dan juga hasil tes pemahaman konsep siswa. Hasil dari angket motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai gain score antara motivasi awal dan akhir sebesar 0,6 dengan kategori sedang. Kemudian untuk hasil tes pemahaman konsep siswa terdapat peningkatan nilai gain score antara nilai pretest dan posttest siswa sebesar 0,6 dengan kategori sedang dan 100% siswa dinyatakan tuntas. Data yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa alat peraga pada materi bunyi dinyatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa.

Kata Kunci: Alat Peraga, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep.





Published
2018-05-25
How to Cite
MUCHLIS AMINULLOH, A., & WIDODO, W. (2018). KEEFEKTIFAN ALAT PERAGA BUNYI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23306
Abstract View: 64
PDF Download: 90