MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN LKS BERORIENTASI LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI ZAT ADITIF

  • ROFIQO AYU LIMARA
  • WAHONO WIDODO

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan lembar kegiatan siswa berorientasi learning cycle 5E untuk melatihkan keterampilan proses sains dengan menggunakan model penelitian RnD. Subjek uji coba yaitu kelas VIII-B SMPN 1 Driyorejo yang berjumlah 36 siswa. Desain uji coba yang digunakan yaitu one group pre-test post-test design. Berdasarkan hasil ketuntasan tes keterampilan proses sains memperoleh persentase sebesar 86%. Persentase siswa dengan kriteria N-gain tinggi sebesar 72% dan 28% dengan kriteria N-gain sedang. Ketuntasan tiap aspek keterampilan proses sains pada aspek merumuskan masalah memperoleh nilai gain sebesar 0,85 dengan kriteria tinggi, pada aspek merumuskan hipotesis memperoleh nilai gain sebesar 0,70 dengan kriteria sedang, pada aspek mengidentifikasi variabel memperoleh nilai gain sebesar 0,80 dengan kriteria tinggi, pada aspek menginterpretasi data diperoleh nilai gain sebesar 0,63 dengan kriteria sedang, dan pada aspek merumuskan masalah memperoleh nilai gain sebesar 0,48 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut lembar kegiatan siswa yang dikembangkan layak digunakan untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa.

Kata Kunci: lembar kegiatan siswa, keterampilan proses sains.




Published
2018-05-30
How to Cite
AYU LIMARA, R., & WIDODO, W. (2018). MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN LKS BERORIENTASI LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI ZAT ADITIF. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23381
Abstract View: 26
PDF Download: 37