PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII

  • FERIT VERY PRIYONGGO
  • AHMAD QOSYIM

Abstract

Kelayakan media pembelajaran interaktif ditinjau dari aspek kevalidan. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R & D) yang dibatasi sampai 6 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba terbatas. Media pembelajaran interaktif diujicobakan di SMPN 3 Sidoarjo pada kelas VIII I. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah media, lembar validasi, lembar aktivitas siswa, lembar keterlaksanaan, lembar respon siswa dan lembar tes. Teknik pengumpulan data adalah validasi, angket, observasi, serta pretest dan posttest. Hasil validitas media media mendapatkan kriteria sangat layak. Kepraktisan media, untuk keterlaksanaan didapatkan kriteria sangat baik, respon siswa mendapatkan respon positif dengan kriteria sangat baik, dan aktivitas siswa menunjukkan aktivitas positif. Keefektifan dari penggunaan media ini mendapatkan hasil sangat baik. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media interaktif berbasis macromedia flash layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: macromedia flash, sistem gerak manusia.






Published
2018-05-30
How to Cite
VERY PRIYONGGO, F., & QOSYIM, A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23383
Abstract View: 155
PDF Download: 190