IMPLEMENTASI EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP

  • Anisa Mufida Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Qosyim Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi experiential learning pada materi pemanasan global untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Two Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang diambil di SMP Negeri 21 Surabaya dengan sampel kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C kelas kontrol dengan jumlah siswa tiap kelas 30 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes pemahaman konsep dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan N-Gain peningkatan pemahaman konsep pada kelas eksperimen sebesar 0,75 dengan kategori tinggi dan pada kelas kontrol sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Peningkatan pemahaman konsep anatara kelas eskperimen dan kontrol lebih tinggi pada kelas eksperimen. Peningkatan pemahaman konsep terjadi pada kelas eksperimen dengan menggunakan model experiential learning. Didukung dengan hasil respon siswa yang diterapkannya model pembelajaran experiential learning sebesar 96,7% dengan kriteria sangat baik.
Kata kunci: Experiential Learning, Pemahaman Konsep, dan Materi Pemanasan Global

Published
2020-12-31
How to Cite
Mufida, A., & Qosyim, A. (2020). IMPLEMENTASI EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 8(3), 307-314. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38406
Section
Articles
Abstract Views: 296
PDF Downloads: 307