MEDIA SIMULASI PhET BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MATERI GETARAN DAN GELOMBANG TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

  • Ravalina Singka Subeki Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Dyah Astriani Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Qosyim Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: PhET simulation, guided inquiry, science process skills

Abstract

The purpose of this study is to determine the use of PhET simulation media based on guided inquiry to improve science process skills students on vibration and wave material. The type of research contucted was Pre experiment with One Group Pretest Posttest as the research design. For research subject were student of VIII-D grade in SMP Negeri 1 Sidoarjo for academic year 2020/2021, totaling 32 students. Then, data collection methods include test sheets of science process skills based and response questionnaires. The results showed that the pretest and posttest score increased by 0,70 in the high category. While, the results of the students responses showed a high interest in the use of PhET simulation media based on guided inquiry for vibration and wave materials with a total average of 88,6%. The conclusion of the research is that the use of PhET simulation media based on guided inquiry can improve science process skills. And the implication of the research is that teachers can determine the competence of science process skills students, so that they can determine science learning that can improve science process skills.

References

Agustin, N. (2014). Implementasi Model Pembelajaran 7E dalam IPA Terpadu Tema Energi Biomassa terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri Surabaya

Agustina, P., & Saputra, A. (2016). Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar Mahasiswa Calon Guru pada Matakuliah Anatomi Tumbuhan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi P. Biologi FKIP UMS tahun Ajaran 2015/2016). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SPNS). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Akinbobola, A.O., & Afobali, F. (2010). Analysis of Science Process Skills in West African Senior Secondary School Certificate Physics Practical Examinations in Nigeria. Bulgarian Journal of Science and Education Policy 4: 32-35.

Ambarsari, W., & Santosa, S. (2013). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5, 81–95. https://doi.org/10.1016/s0065-2296(08)00803-3

Finkelstein, N., Adams, W., Keller, C., Perkins, K., & Wieman, C. (2006). High-tech tools for teaching physics: The physics education technology project. Physics Education, 2(3), 110–121. http://jolt.merlot.org/vol2no3/finkelstein.htm

Galuh, A. I. 2(015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK)

Kemendikbud. (2018). Permendikbud No. 35 Tahun 2018 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jdih.Kemdikbud.Go.Id.

Miftahuddin & Fithriana. (2008). Kolerasi Antara Validitas pada Evaluasi yang digunakan dalam Menilai Hasil Belajar Siswa dengan Hasil Kegiatan MGMP Matematika di Kabupaten Pidie. JMSK 4(2), 76-89. http://journal.unhas.ac.id/index.php/jmsk

Monitasari, N. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Getaran dan Gelombang. Artikel. Tidak dipublikasi. Universitas Negeri Surabaya

Negara, M. S., & Martini. (2018). Keterampilan Proses Sains Siswa SMP pada Materi Getaran dan Gelombang. Pensa E-Jurnal, 06(02), 416–420.

Prastuti, E. D. (2019). Penerapan Model Brain Based Learning (BBL) pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Ketuntasan dan Aktivitas Belajar Siswa. III(1), 10–18.

Pratama, A., Sudirman & Andriani, N. (2011). Studi Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Fisika Materi Getaran dan Gelombang di Kelas VIII Smp Negeri 18 Palembang. Edumatica, 75, 137-144.

Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., & Jatmiko, B. (2013). Implementasi simulasi phet dan kit sederhana untuk mengajarkan keterampilan psikomotor siswa pada pokok bahasan alat optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 18–22. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2505

Rahayu, E., Susanto, H., & Yulianti, D. (2011). Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Indonesian Journal of Physical Education, 7, 106–110.

Saputra, T., Nur M., & Purnomo T. (2017). Desain Riset Perangkat Pembelajaran Menggunakan Media KIT Listrik yang Dilengkapi PhET Berbasis Inkuiri untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Keterampilan Proses Sains. USEJ: Unnes Science Education Journal, 5(3), 1331–1342. https://doi.org/10.15294/usej.v5i3.13162

Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53-60. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105

Sari, D., Lutfi, A., & Qosyim, A. (2013). Uji Coba Pembelajaran IPA dengan LKS sebagai Penunjang Media Virtual PhET pada Materi Hukum Archimedes. Jurnal Pendidikan Sains E-Pensa, 1(2), 15–20.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sulistijo, S. H., Sukarmin, S., & Sunarno, W. (2017). Physics learning using Inquiry-Student Team Achievement Division (ISTAD) and guided inquiry models viewed by students achievement motivation. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 130–137. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.9601

Sunni, M. A., Wartono, W., & Diantoro, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Berbantuan PhET terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 3, 103–107. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5487

Wicaksono, Ari & Haryudo, S. I. (2016). Penerapan Problem Based Instruction (PBI) dengan Media Software PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik Berbasis Kurikulum 2013 Kelas X TIPTL di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal EduFisika, 5(1), 309–316.

Wijayaningputri, A. R., Widodo, W., & Munasir. (2018). The Effect of Guided-Inquiry Model on Science Process Skills Indicators. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 8(1), 1542–1546.

Zeidan, A. H., & Jayosi, M. R. (2014). Science Process Skills and Attitudes toward Science among Palestinian Secondary School Students. World Journal of Education, 5(1), 13–24. https://doi.org/10.5430/wje.v5n1p13

Zubaidah, S., Mahanal, S., Yuliati, L., Dasna, I. W., Pangestuti, A. A., Puspitasari, D. R., … Sholihah, M. (2013). Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Published
2022-01-09
How to Cite
Subeki, R., Astriani, D., & Qosyim, A. (2022). MEDIA SIMULASI PhET BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MATERI GETARAN DAN GELOMBANG TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 10(1), 75-80. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/41459
Section
Articles
Abstract View: 158
PDF Download: 122