MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LITERASI SAINS
DOI:
https://doi.org/10.26740/pensa.v12i2.61112Keywords:
Problem based learning, literasi sains, keterampilan berpikir kritisAbstract
Pra-penelitian yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Taman memperoleh hasil bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan dengan menerapkan model problem based learning (PBL) berbasis literasi sains. Model pembelajaran ini mendorong peserta didik untuk berpikir kritis, aktif selama pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pemberian pretest dan posttest selama pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental, teknik one group pretest-posttest desain, dan subjek penelitian adalah peserta didik SMP Muhammadiyah 2 Taman kelas VII E sebanyak 28 orang. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif melalui perhitungan uji normalitas, uji t-berpasangan dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji normalitas pretest memperoleh nilai signifikansi 0.075, dan nilai posttest memiliki nilai signifikansi 0.083. Uji t-berpasangan memperoleh nilai <0.001 dan perolehan N-gain keterampilan berpikir kritis sebesar 0.51 kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, model PBL berbasis literasi sains dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Downloads
References
Abhyasari, N. P., Kusmariyatni, N. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Berbasis Masalah Terhadap Disiplin dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 111–122. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24547
Angraini, E., Zubaidah, S., & Susanto, H. (2023). TPACK-based Active Learning to Promote Digital and Scientific Literacy in Genetics. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(2), 50–61. https://doi.org/10.47750/pegegog.13.02.07
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (M. Magaziner (ed.); 9th ed.). McGraw-Hill.
Ayunda, N., Lufri, L., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5(2), 5000–5015. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1232
Azmi, Z. L., Fathurohman, A., & Marlina, L. (2021). Survei Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021.
Budiarti, I., & Airlanda, G. S. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal RisetTeknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 167–183.
Ennis, R. H. (1985). A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills. Educational Leadership, 43(2), 44–48. https://jgregorymcverry.com/readings/ennis1985assessingcriticalthinking.pdf
Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fase D. In Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Vol. 3).
Mahyana, M. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keteramilan Berpikir Kritis Siswa Pada Kelas IV Min 25 Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.
Mardi, M., Fauzi, A., & Respati, D. K. (2021). Development of Students’ Critical Thinking Skills Through Guided Discovery Learning (GDL) and Problem-Based Learning Models (PBL) in Accountancy Education*. Eurasian Journal of Educational Research, 95, 210–226. https://doi.org/10.14689/EJER.2021.95.12
Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H. D. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31–41. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3047
Meylani, H. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Literasi Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa [Universitas Pendidikan Indonesia]. https://repository.upi.edu/77811/
Miterianifa, M., Ashadi, A., Saputro, S., & Suciati, S. (2021). Higher Order Thinking Skills in the 21st Century: Critical Thinking. European Union Digital Library. https://doi.org/10.4108/eai.30-11-2020.2303766
Nainggolan, V. A., Situmorang, R. P., & Hastuti, S. P. (2021). Learning Bryophyta: Improving students’ scientific literacy through problem-based learning. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 7(1), 71–82. https://doi.org/10.22219/jpbi.v7i1.15220
Norrizqa, H. (2021). Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 147–154.
Nurbaya, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Kelas VI SDN 19 Cakranegara. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 106–113. https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/29
PISA. (2023). PISA 2022 Results : Factsheets Indonesia. In PISA 2022 (Vol. 1). https://www.oecd-ilibrary.org/docserver/53f23881-en.pdf?expires=1709782594&id=id&accname=guest&checksum=5D0BD789A6F2013C41CA1A61507C887C
Ramadhanti, A., & Agustini, R. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 385–394. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3458
Riduwan, R. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Rohmatin, D. N., Widodo, C. W., & Masfingatin, T. (2023). Implementation of Project-Based Learning To Improve Oral Communication Skills of 7Th Grade Students in Nganjuk. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 59–66. https://doi.org/10.26740/jppipa.v8n2.p59-66
Seibert, S. A. (2021). Problem-Based Learning: A Strategy to Foster Generation Z’s Critical Thinking and Perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 16(1), 85–88. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002
Sukadana, I. N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 50–55. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.44596
Treepob, H., Hemtasin, C., & Thongsuk, T. (2023). Development of Scientific Problem-Solving Skills in Grade 9 Students by Applying Problem-Based Learning. International Education Studies, 16(4), 29–36. https://doi.org/10.5539/ies.v16n4p29
Triandi, D., Nuryani, P., & Djumhana, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 21–30. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v5i3.30041
Wardani, D. A. W. (2023). Problem Based Learning: Membuka Peluang Kolaborasi dan Pengembangan Skill Siswa. Jawa Dwipa, 4(1), 1–17.
Wayudi, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2020). Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 67–82. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008
Wijayanti, I. D., Badarudin, B., & Hawanti, S. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Literasi Sains. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 102–107. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2080
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 545
,
PDF Downloads: 215














