MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LITERASI SAINS

Authors

  • Jaliilah Inge Anugrah Universitas Negeri Surabaya
  • Dyah Astriani

DOI:

https://doi.org/10.26740/pensa.v12i2.61112

Keywords:

Problem based learning, literasi sains, keterampilan berpikir kritis

Abstract

Pra-penelitian yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Taman memperoleh hasil bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan dengan menerapkan model problem based learning (PBL) berbasis literasi sains. Model pembelajaran ini mendorong peserta didik untuk berpikir kritis, aktif selama pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pemberian pretest dan posttest selama pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental, teknik one group pretest-posttest desain, dan subjek penelitian adalah peserta didik SMP Muhammadiyah 2 Taman kelas VII E sebanyak 28 orang. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif melalui perhitungan uji normalitas, uji t-berpasangan dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji normalitas pretest memperoleh nilai signifikansi 0.075, dan nilai posttest memiliki nilai signifikansi 0.083. Uji t-berpasangan memperoleh nilai <0.001 dan perolehan N-gain keterampilan berpikir kritis sebesar 0.51 kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, model PBL berbasis literasi sains dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abhyasari, N. P., Kusmariyatni, N. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Berbasis Masalah Terhadap Disiplin dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 111–122. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24547

Angraini, E., Zubaidah, S., & Susanto, H. (2023). TPACK-based Active Learning to Promote Digital and Scientific Literacy in Genetics. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(2), 50–61. https://doi.org/10.47750/pegegog.13.02.07

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (M. Magaziner (ed.); 9th ed.). McGraw-Hill.

Ayunda, N., Lufri, L., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5(2), 5000–5015. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1232

Azmi, Z. L., Fathurohman, A., & Marlina, L. (2021). Survei Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021.

Budiarti, I., & Airlanda, G. S. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal RisetTeknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 167–183.

Ennis, R. H. (1985). A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills. Educational Leadership, 43(2), 44–48. https://jgregorymcverry.com/readings/ennis1985assessingcriticalthinking.pdf

Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fase D. In Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Vol. 3).

Mahyana, M. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keteramilan Berpikir Kritis Siswa Pada Kelas IV Min 25 Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Mardi, M., Fauzi, A., & Respati, D. K. (2021). Development of Students’ Critical Thinking Skills Through Guided Discovery Learning (GDL) and Problem-Based Learning Models (PBL) in Accountancy Education*. Eurasian Journal of Educational Research, 95, 210–226. https://doi.org/10.14689/EJER.2021.95.12

Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H. D. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31–41. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3047

Meylani, H. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Literasi Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa [Universitas Pendidikan Indonesia]. https://repository.upi.edu/77811/

Miterianifa, M., Ashadi, A., Saputro, S., & Suciati, S. (2021). Higher Order Thinking Skills in the 21st Century: Critical Thinking. European Union Digital Library. https://doi.org/10.4108/eai.30-11-2020.2303766

Nainggolan, V. A., Situmorang, R. P., & Hastuti, S. P. (2021). Learning Bryophyta: Improving students’ scientific literacy through problem-based learning. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 7(1), 71–82. https://doi.org/10.22219/jpbi.v7i1.15220

Norrizqa, H. (2021). Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 147–154.

Nurbaya, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Kelas VI SDN 19 Cakranegara. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 106–113. https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/29

PISA. (2023). PISA 2022 Results : Factsheets Indonesia. In PISA 2022 (Vol. 1). https://www.oecd-ilibrary.org/docserver/53f23881-en.pdf?expires=1709782594&id=id&accname=guest&checksum=5D0BD789A6F2013C41CA1A61507C887C

Ramadhanti, A., & Agustini, R. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 385–394. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3458

Riduwan, R. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Rohmatin, D. N., Widodo, C. W., & Masfingatin, T. (2023). Implementation of Project-Based Learning To Improve Oral Communication Skills of 7Th Grade Students in Nganjuk. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 59–66. https://doi.org/10.26740/jppipa.v8n2.p59-66

Seibert, S. A. (2021). Problem-Based Learning: A Strategy to Foster Generation Z’s Critical Thinking and Perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 16(1), 85–88. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002

Sukadana, I. N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 50–55. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.44596

Treepob, H., Hemtasin, C., & Thongsuk, T. (2023). Development of Scientific Problem-Solving Skills in Grade 9 Students by Applying Problem-Based Learning. International Education Studies, 16(4), 29–36. https://doi.org/10.5539/ies.v16n4p29

Triandi, D., Nuryani, P., & Djumhana, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 21–30. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v5i3.30041

Wardani, D. A. W. (2023). Problem Based Learning: Membuka Peluang Kolaborasi dan Pengembangan Skill Siswa. Jawa Dwipa, 4(1), 1–17.

Wayudi, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2020). Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 67–82. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Wijayanti, I. D., Badarudin, B., & Hawanti, S. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Literasi Sains. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 102–107. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2080

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Anugrah, J. I., & Astriani, D. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LITERASI SAINS. PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 12(2), 38–42. https://doi.org/10.26740/pensa.v12i2.61112

Issue

Section

Articles
Abstract views: 545 , PDF Downloads: 215

Most read articles by the same author(s)

> >>