PENERAPAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Susilowatini Susilowatini Universitas Negeri Surabaya
  • Dyah Astriani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/pensa.v12i1.61476

Keywords:

inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis, bumi dan tata surya

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan berpikir kritis siswa setelah menerapkan model kegiatan belajar yaitu menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi Bumi dan Tata Surya yang dilakukan di SMP Negeri 54 Surabaya. Jenis penelitian ini ialah pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas VII A SMP Negeri 54 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan angket dengan instrumen yang digunakan yakni lembar observasi, tes tertulis (pretest dan posttest) dan angket respons. Penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil bahwa keterampilan berpikir kritis siswa meningkat. Hal ini dibuktikan dengan besar skor rata-rata N-Gain yaitu 0,73 pada kategori peningkatan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis, bisa diambil simpulan bahwa dengan menerapkan model inkuiri terbimbing pada materi Bumi dan Tata Surya terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfany, Z. C., & Purnomo, A. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 11(3), 250–255.

Alsaleh, N. J. (2020). Teaching critical thinking skills: Literature review. TOJET (The Turkish Online Journal of Educational Technology), 19(1), 21–39. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1239945.pdf

Suharyani, A. L. & Siswanto, J. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Sma Untuk Pengembangan Modul Ajar Konsep Perubahan Lingkungan Melalui Penerapan Education For Sustainable Develpment(Esd). Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(5), 1276–1284. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i5.159

Hidayati A. R., Fadly, W., & Ekapti, R. F. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 34–48. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i1.68

Azam, I. F., & Rokhimawan, M. A. (2020). Analisis Materi Ipa Kelas Iv Tema Indahnya Kebersamaan Dengan Hots. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 21(1), 100. https://doi.org/10.22373/jid.v21i1.5970

Ennis, R. . (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and abilities. University of Illinois.

Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey Of Mechanics Test Dta For Introductory PHysics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.

Yulika, H. (2023). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(September), 812–817.

Janah, R., Nurfadilah, K., & Qomariyah, S. (2023). Peran Motivasi Belajar Berpartisipasi Dalam Peningkatan Prestasi Peserta Didik Di SMK Azzainiyyah Raudhatul. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(3), 87–99.

Kurniahtunnisa, K., Dewi, N. K., & Utami, N. R. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi sistem ekskresi. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(3), 310– 318.

Gaol, B. K. L., Silaban, P. J., & Sitepu, A. (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V Sd. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), 767. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8538

Mardhiyah, R. H. dkk. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntunan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1), 31.

Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 17–27. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.69

OECD. (2023). Pisa 2022 Results The State of Learning and Equity in Education. In Pisa 2022: Vol. I. https://doi.org/10.31244/9783830998488

Parwati, G. A. P. U., Rapi, N. K., & Rachmawati, D. O. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(1), 49. https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i1.26724

Permendikbud. (2016). Standar Kompetensi Lulusan No. 20 Tahun 2016. Kemendikbud, 3(2), 1–8.

Rasmitadila, Samsudin, A., & Prasetyo, T. (2019). Teacher-Students’ Instructional Interactions Analysis (TSIIA): A Case Study in Inclusive English Classrooms in Indonesia. The International Journal of Interdisciplinary Educational Studies, 14(1), 1–22. https://doi.org/http://doi.org/10.18848/2327-011X/CGP

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Rosyda, E., & Astriani, D. (2023). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. 11(2).

Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi. Pendidikan Sains, 11(1), 22–31.

Resti, F. R. N. S. (2018). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Solihin, M. W., Prastowo, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(1), 34–42.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills, Enhanced Edition: Learning for Life in Our Times. John Wiley & Sons, Inc., 45–86.

Yaman, E. (2016). Pengoptimalan Peran Kepala Labor dalam Menunjang Pembelajaran IPA di SMPN 7 Kubung. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 1(1), 63–71.

Downloads

Published

2024-10-07

How to Cite

Susilowatini, S., & Astriani, D. (2024). PENERAPAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA . PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 12(1), 26–31. https://doi.org/10.26740/pensa.v12i1.61476

Issue

Section

Articles
Abstract views: 172 , PDF Downloads: 143

Most read articles by the same author(s)

> >>