ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Noor Rofiiqoh Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Qosyim Universitas Negeri Surabaya
Keywords: learning independence, science learning, student learning outcomes

Abstract

This study aimed to analyze the students’ learning independence in science learning during the Covid-19 pandemic. This study used a quantitative descriptive. The data analysis technique used was descriptive statistics with data collection techniques using questionnaire sheets, interview sheets, and tests. This study involved 30 students of VIII-F class of State Junior High School 5 Gresik and the interview respondents were one science teacher. The results showed had high learning independence with seven indicators of learning independence in the high category and evaluating the process of learning indicator in the very high category. Therefore, it can be concluded that the high level of students’ learning independence had an effect on science learning outcomes.

Author Biographies

Noor Rofiiqoh, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Ahmad Qosyim, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

References

Aliyyah, R., Puteri, F., & Kurniawati, A. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora, 2(1), 21–28. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v2i1.63

Amalia, A., Syafitri, L. F., Sari, V. T. A., & Rohaeti, E. E. (2018). Hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematik dengan self efficacy dan kemandirian belajar siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 887–894. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/1531

Astuti, E. P. (2016). Kemandirian belajar matematika siswa SMP/ MTs di Kecamatan Prembun. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 2(2), 65–75. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/article/view/3464/3253

Astuti, Y. P. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran model group investigation dengan advance organizer untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan pemecahan masalah pada siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.47492/jip.v1i2.53

Bahiyyah, S. F., Indiati, I., & Sutrisno. (2021). Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal literasi matematika berdasarkan metode newman ditinjau dari kemandirian belajar. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(3), 436–446. http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/9067

Fleiss, J. L., Levin, B., & Paik, M. C. (2003). Statistical methods for rates and proportion. Wiley & Sons.

Gusnita, Melisa, & Delyana, H. (2021). Kemandirian belajar melalui model pembelajaran kooperatif think pair square (tpsq). Jurnal BSIS, 3(2), 286–296. https://doi.org/10.30606/absis.v3i2.645

Handayani, N. A., & Jumadi. (2021). Analisis pembelajaran IPA secara daring pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217–233. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033

Hidayati, N., Rachmadiarti, F., & Wasis. (2013). Pembelajaran berorientasi standar pada materi fotosintesis untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dawarblandong. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 1(2), 103–109. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/2501

Kamelta, E. (2013). Pemanfaatan internet oleh mahasiswa jurusan teknik sipil fakultas teknik Universitas Negeri Padang. CIVED Journal of Civil Engineering and Vocational Education, 1(2), 142–146. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/article/view/1851

Makarim, N. (2020). Pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease (covid-19). (Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020; pp.1-3).

Marfu’ah, S. (2020). Analisis kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika secara online di SMP Negeri 1 Cilongok program studi tadris matematika. In Thesis. UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Murzanita, M. (2019). Tingkat kemandirian belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA. MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 65–73. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1421

Nugroho, P. W., & Maulana, M. A. (2021). Kemandirian belajar dalam pembelajaran jarak jauh. Advice : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 10–16. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/advice/article/view/1429

Nurhafsari, A., & Sabandar, J. (2019). Kemandirian belajar matematika siswa dalam pembelajaran kooperatif dengan aktivitas quick on the draw. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 97–107. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i2.1051

Onde, M. K. L. O., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas (tmt) di masa new normal terhadap hasil belajar matematika di sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400–4406. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1449

Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif: studi eksplorasi siswa di SMPN 62 Surabaya. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 242–246. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38250

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif: wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184

Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 789–798. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.789-798

Rilianti, A. P. (2013). Peningkatan kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri Prawirotaman dalam pembelajaran IPA melalui penerapan strategi pembelajaran active learning. In Thesis. Universitas Negeri Yogyakarta

Ruslaini, & Novika, T. (2021). Penerapan strategi pembelajaran active learning pada materi ekosistem untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.52626/jg.v4i1.100

Samsudin, E. (2019). Pengaruh motivasi dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA siswa (survey pada sekolah menengah pertama (SMP) Negeri di Kecamatan Telagasari – Karawang). Biodidaktika, Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 14(1), 29–39. https://doi.org/10.30870/biodidaktika.v14i1.4841

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulastri. (2020). Peningkatan kemandirian belajar IPA dengan penerapan model pembelajaran numbered heads together pada siswa kelas V SDN 43 Rejang Lebong. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 46–51. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.46-51

Sutrisno, Muhtarom, & Murtianto, Y. H. (2017). Proses berpikir siswa berkemampuan matematika tinggi dalam pemecahan masalah pythagoras (studi analisis data berbantuan qsr nvivo 11). In Thesis. Universitas PGRI Semarang.

Widiyawati, D., Putri, C. D., & Walid, A. (2021). Evaluasi pembelajaran dan pengaruhnya terhadap minat belajar siswa pada mata pembelajaran IPA kelas IX di SMPN 3 Tanjung Sakti Pumi Lahat Sumatra Selatan. Jurnal PTK dan Pendidikan, 6(2), 66-70. https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4227

Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati, S. (2017). Peran efikasi diri (self-efficacy) dan kemampuan berpikir positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 130–143. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2228

Published
2023-01-31
How to Cite
Rofiiqoh, N., & Qosyim, A. (2023). ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MASA PANDEMI COVID-19. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 11(1), 106-115. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/46001
Section
Articles
Abstract Views: 187
PDF Downloads: 330