PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP SETELAH DITERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN MANDIRI

Authors

  • Adinda Yasmin Agustin Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Qosyim Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/pensa.v7i3.32286

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan setelah diterapkan model pembelajaran mandiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental dengan rancangan penelitian One Group Pretest and Posttest Design. Hasil analisis data diperoleh data berdistribusi normal, kemudian dilakukan uji-t berpasangan dengan thitung > ttabel, sehingga menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah treatment penelitian. Analisis n-Gain diperoleh nilai sebesar 0,50 dengan kategori sedang. Kesimpulan penelitian penerapan model pembelajaran mandiri pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkugan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-22

How to Cite

Agustin, A. Y., & Qosyim, A. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP SETELAH DITERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN MANDIRI. PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 7(3). https://doi.org/10.26740/pensa.v7i3.32286

Issue

Section

Articles
Abstract views: 386 , PDF Downloads: 311

Most read articles by the same author(s)

> >>