PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP SETELAH DITERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN MANDIRI
DOI:
https://doi.org/10.26740/pensa.v7i3.32286Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan setelah diterapkan model pembelajaran mandiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental dengan rancangan penelitian One Group Pretest and Posttest Design. Hasil analisis data diperoleh data berdistribusi normal, kemudian dilakukan uji-t berpasangan dengan thitung > ttabel, sehingga menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah treatment penelitian. Analisis n-Gain diperoleh nilai sebesar 0,50 dengan kategori sedang. Kesimpulan penelitian penerapan model pembelajaran mandiri pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkugan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Mandiri.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 386
,
PDF Downloads: 311














