KEEFEKTIFAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII

  • RIZKA PUTRI ANDRIANI
  • WAHONO WIDODO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas LKS berbasis etnosains pendekatan saintifik pada materi pesawat sederhana untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa kelas VIII. LKS dalam penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develope dan Disseminate), namun hanya sampai pada uji coba terbatas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-C SMPN 2 Menganti, Gresik tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 siswa. Desain uji coba penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Keefektifan diperoleh berdasarkan hasil tes keterampilan proses sains yaitu pretest-posttest dengan rata-rata nilai N-gain sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Disimpulkan bahwa lembar kegiatan siswa berbasis etnosains pendekatan saintifik materi pesawat sederhana untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa kelas VIII dinyatakan sangat layak berdasarkan aspek keefektifan.


Kata Kunci: Keefektifan, Etnosains, Keterampilan Proses Sains

Published
2018-06-07
How to Cite
PUTRI ANDRIANI, R., & WIDODO, W. (2018). KEEFEKTIFAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23540
Abstract View: 54
PDF Download: 49