Implementasi Model Guided Discovery pada Materi Kalor untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa

  • ALVIN DWI NOVILA
  • WAHONO WIDODO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan keterampilan proses sains siswa, dan respon siswa terhadap model pembelajaran guided discovery. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimental dengan rancangan one group pre-test post-test design. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas VII-I dan VII-J SMP Negeri 1 Krian. Hasil penelitian menunjukkan, keterlaksanaan model pembelajaran guided discovery berlangsung dengan baik dengan kategori skor sangat baik serta mengalami peningkatan dari pertemuan pertama sampai pertemuan kedua, baik pada kelas VII-I maupun kelas VII-J. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas chi kuadrat diperoleh sebesar 3,5986 pada kelas VII-I dan 5,2481 pada kelas VII-J sedangkan sebesar 11,1, hal tersebut menunjukkan sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas didapatkan bahwa yaitu jadi dapat disimpulkan bahwa varians sampel homogen. Perbedaan hasil pre-test dan post-test dikatakan signifikan, ditunjukkan dengan hasil uji-t berpasangan thitung sebesar 12,02 pada kelas VII-I dan 11,98 pada kelas VII-J sedangkan ttabel sebesar 1,80 dengan taraf signifikan α = 0,05, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Analisis pada uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor sebesar 0,73 pada kelas VII-I dan 0,69 pada kelas VII-J (kategori sedang). Hasil uji-t terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan dk=( = 58 dan peluang (1-1/2α); α= 0,05 diperoleh = 2,00; hal tersebut menunjukkan rata-rata hasil N-Gain Score materi perpindahan kalor pada kelas VII-I sama dengan rata- rata hasil N-Gain Score kelas VII-J. Berdasarkan hasil perhitungan, secara keseluruhan keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan. Siswa memberikan respons yang baik sekali terhadap pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran guided discovery, dengan persentase siswa yang memberikan jawaban positif adalah 97,9% pada kelas VII-I dan 97,4% padakelas VII-J. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu keterlaksanaan pembelajaran model guided discovery secara keseluruhan terlaksana dengan baik, keterampilan proses sains siswa meningkat, serta respon siswa terhadap pembelajaran model guided discovery secara keseluruhan memberikan respon positif.

Kata kunci : guided discovery, keterampilan proses sains.

Abstract

This research aims to describe the enforceability of learning, improvement of students science process skills, and the students response to guided discovery learning model. The type of research is pre-experimental design with one group pre-test post-test design. The samples are used in this research are students of class VII-I and VII-J Junior High School 1 Krian. The results showed that enforceability of guided discovery learning model practices very well, with the increasing in the average score of the meeting of first to meeting second, both of class. Based on the results of the chi square test for normality, show that X2 count is 3.5986 in VII-I class and 5.2481 in VII-J class while X 2 tables is 11.1, it means that the sample distribute normally. N-Gain test showes an increasing in the average score of 0.6 (medium category). The calculation results for homogeneity test, show that is it means that sample are homogen.The difference in the results of pre-test and post-test is said to be significant, its showed by paired t-test results t count is 12.02 in VII-I class and 11.98 in VII-J class while t count is 1.80 with significance level α = 0.05, it indicates that there are significant differences in the pre-test and post-test score. positif adalah 97,9% in VII-I class and 97,4% VII-J class. Analysis on N-Gain test indicates an increase in the average score of 0.73 in VII-I class and 0.69 in VII-J class (medium category). The results of t test to science process skills improvement students with dk=( = 58 and opportunities (1-1/2α); α= 0,05 is obtained = 2.00; it shows the average results of N-Gain heat transfer material on the in VII-I class has same average with VII-J class. Students respons is known that is very well about implementation of guided discovery learning model, with the percentage of positive answer is 97.9% in VII-I class and 97.4% in VII-J class. Conclusions of this research are the enforceability of learning was practiced very well, improvement of students science process skills was increased, and the students response to guided discovery learning model has giving positive responses.

Key words : guided discovery, science process skills
Published
2018-06-29
How to Cite
DWI NOVILA, A., & WIDODO, W. (2018). Implementasi Model Guided Discovery pada Materi Kalor untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23702
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 34