Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sistem Gerak dan Pesawat Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A Di SMP Negeri 8 Kediri

  • GRASIA DWI PRASETYO ADI
  • WAHONO WIDODO

Abstract

ABSTRAK

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK SISTEM GERAK DAN PESAWAT SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 8 KEDIRI

Nama : Grasia Dwi Prasetyo Adi

NIM : 11030654029

Program Studi : S-1 Pendidikan IPA

Jurusan : Pendidikan IPA

Fakultas : Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Dr. Wahono Widodo, M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan media pembelajaran berupa komik yang vaild, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan tiga tahap dari model 4D, yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan diujicobakan di kelas VIII A SMP Negeri 8 Kediri tahun ajaran 2017/2018 dengan One Group Pretest – Postest Design. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan: 1) Prototipe komik yang dikembangkan berkategori valid; 2) Pembelajaran menggunakan komik ditinjau dari keterlaksanaan RPP berkategori praktis; 3) Keefektifan komik ditinjau dari ketuntasan individual hasil belajar 87,10% dan siswa mengalami peningkatan ketrampilan berpikir kritis sebesar 10%. Kendala yang dihadapi dalam penelitian ini adalah kurang efisien waktu dalam membimbing siswa mengerjakan tugas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran menggunakan media komik telah valid, praktis, dan efektif dalam peningkatan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Komik, Hasil Belajar

Published
2018-07-10
How to Cite
DWI PRASETYO ADI, G., & WIDODO, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sistem Gerak dan Pesawat Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A Di SMP Negeri 8 Kediri. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23970
Abstract Views: 101
PDF Downloads: 61