Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Peserta Didik SMP

  • SHELLA CINTYA WATI
  • AHMAD QOSYIM

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran, ketuntasan hasil belajar, dan respon peserta didik menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan rancangan One Group Pre-test – Post-test Design. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Keterlaksanaan model pembelajaran NHT efektif untuk diterapkan karena di kelas VII-A pada pertemuan 1, 2 dan 3 mendapatkan kategori sangat baik. Sedangkan di kelas VII-B pada pertemuan 1, 2 dan 3 juga mendapatkan kategori sangat baik. (2) ketuntasan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran NHT efektif pada saat diberikan soal pre-test di kelas VII-A dan VII-B seluruh peserta didik dinyatakan 100% tidak tuntas pada saat mengerjakan soal pre-test dan setelah diterapkan model pembelajaran NHT dan diberikan soal post-test seluruh peserta didik baik di kelas VII-A dan VII-B dinyatakan 100% tuntas. (3) Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran NHT di kelas VII-A rata-rata presentase yang menjawab “Ya” sebesar 98,53% dan di kelas VII-B rata-rata presentase yang menjawab “Ya” sebesar 95,09%. Secara keseluruhan penerapan model pembelajaran NHT yang diterapkan oleh peneliti pada kelas VII-A dan VII-B telah efektif untuk ketuntasan hasil belajar peserta didik.

Kata kunci : Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)



Published
2018-07-18
How to Cite
CINTYA WATI, S., & QOSYIM, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Peserta Didik SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/24262
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 50