LKS PODE (Predict, Observe, Discuss, Explain) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

  • DWI RETNOSARI
  • WAHONO WIDODO

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa, dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah menggunakan LKS PODE. Desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest Posttest tanpa adanya kelas pembanding. Sampel penelitian melibatkan 30 siswa kelas VIII-D SMPN 19 Surabaya. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa aktivitas guru atau keterlaksanaan pembelajaran berlangsung sangat baik dengan persentase kecenderungan nilai dari tiga pertemuan yaitu sebesar 83,33% dengan kategori sangat baik. Siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan LKS PODE dengan modus persentase sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Keterampilan berpikir kritis siswa meningkat, hal ini dapat dilihat dari nilai hasil rekapitulasi pretest posttest yang dihitung menggunakan gain score sebesar 0,42 dalam kategori sedang. Dengan demikian berdasarkan beberapa hal diatas dapat dinyatakan bahwa LKS PODE dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi cahaya.

Kata Kunci: LKS PODE, Keterampilan Berpikir Kritis.

Published
2018-07-20
How to Cite
RETNOSARI, D., & WIDODO, W. (2018). LKS PODE (Predict, Observe, Discuss, Explain) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/24364
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 48