MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SMP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

  • AKBAR NASHRULLAH
  • AHMAD QOSYIM

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melatihkan keterampilan komunikasi tertulis siswa pada materi pencemaran lingkungan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah “one group pretest-posttest design”.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-G dan Kelas VII H SMPN 35 Surabaya tahun ajaran 2017-2018 yang setiap kelas berjumlah 38 siswa. Nilai ketuntasan pretest yang diperoleh kelas VII-G sebesar 0% dan posttest sebesar 95%, sedangkan nilai ketuntasan pretest kelas VII-H sebesar 0% dan posttest sebesar 100%. Kesimpulan penelitian ini yaitu setelah model pembelajaran problem based learning di terapkan siswa SMP lebih terlatih dalam keterampilan komunikasi tertulis.

Published
2018-07-20
How to Cite
NASHRULLAH, A., & QOSYIM, A. (2018). MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SMP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/24434
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 84