KEEFEKTIVAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII SMP

  • CITRA SRI RAHAYU
  • TUTUT NURITA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental design dengan rancangan penelitian one group pretest and posttest design dan replikasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dan VII-B SMPN 2 Krian yang masing-masing berjumlah 36 siswa untuk tiap kelasnya. Berdasarkan hasil analisis uji t-berpasangan diperoleh nilai thitung pada kelas VII-A sebesar 19,02 dan pada kelas VII-B sebesar 21,24; di mana nilai ttabel pada kedua kelas tersebut adalah sama, yaitu 1,69 dengan α = 0,05. Kedua kelas tersebut memiliki nilai thitung > ttabel, hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest untuk kedua kelas tersebut. Kemudian berdasarkan analisis uji ­N-Gain diperoleh rata-rata peningkatan keterampilan proses sains siswa pada kelas VII-A yaitu sebesar 0,74 (dengan kategori tinggi) dan pada kelas VII-B sebesar 0,76 (dengan kategori tinggi). Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model guided discovery dapat melatihkan keterampilan proses sains siswa dengan baik.

Kata Kunci: guided discovery, keterampilan proses sains.






Published
2018-07-23
How to Cite
SRI RAHAYU, C., & NURITA, T. (2018). KEEFEKTIVAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/24465
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 44