KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS VII SMP
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada siswa di kelas VII-A SMPN 1 Balongpanggang Gresik. Jenis penelitian ini yaitu pre-experimental design dengan rancangan percobaan One Group Pretest-Posttest. Data dikumpulkan melalui metode tes yang dilaksanakan sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung. Data tes kemampuan pemecahan masalah dianalisis menggunakan uji N-Gain. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan kategori tinggi pada indikator melaksakan rencana pemecahan masalah dengan nilai N-Gain sebesar 0,88, sedangkan 3 indikator mengalami peningkatan dengan kategori sedang yaitu memahami masalah sebesar 0,43, menyusun rencana pemecahan masalah sebesar 0,57, dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh sebesar 0,55.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Kalor dan Perpindahannya.