KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS VII SMP

  • MERRY DWI PRASTIWI
  • TUTUT NURITA

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada siswa di kelas VII-A SMPN 1 Balongpanggang Gresik. Jenis penelitian ini yaitu pre-experimental design dengan rancangan percobaan One Group Pretest-Posttest. Data dikumpulkan melalui metode tes yang dilaksanakan sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung. Data tes kemampuan pemecahan masalah dianalisis menggunakan uji N-Gain. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan kategori tinggi pada indikator melaksakan rencana pemecahan masalah dengan nilai N-Gain sebesar 0,88, sedangkan 3 indikator mengalami peningkatan dengan kategori sedang yaitu memahami masalah sebesar 0,43, menyusun rencana pemecahan masalah sebesar 0,57, dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh sebesar 0,55.

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Kalor dan Perpindahannya.





Published
2018-05-23
How to Cite
DWI PRASTIWI, M., & NURITA, T. (2018). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS VII SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23289
Abstract Views: 862
PDF Downloads: 837