PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA SMP

  • Iganov Puradi Robby Nugraha Universitas Negeri Surabaya
  • Tutut Nurita Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains (KPS) siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII pada salah satu SMP di Mojoagung. Tahapan penelitian meliputi tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis. Hasil analisis data penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan KPS siswa, Keterampilan proses sains (KPS) siswa didapatkan dari hasil analisis menggunakan N-gain score. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, keterampilan proses sains siswa kelas VIII-A dan VIII-B mengalami peningkatan. Nilai N-gain yang didapatkan dari masing-masing kelas VIII-A dan VIII-B yaitu 0,54 dan 0,56, yang mana keduanya termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP.
Kata Kunci : Penerapan, Inkuiri, Keterampilan Proses Sains (KPS)

Published
2021-01-31
How to Cite
Nugraha, I. P., & Nurita, T. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 9(1), 67-71. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38503
Section
Articles
Abstract View: 108
PDF Download: 103