Kevalidan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa

  • VURRI EXANTI
  • WAHONO WIDODO

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis Guided Inquiry dari aspek kevalidan untuk meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, develope, dan disseminate. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (develope) saja. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah dan lembar kevalidan. Lembar telaah digunakan untuk memperoleh saran dan masukan LKS dari dosen pembimbing. Lembar validasi digunakan untuk mengetahui penilaian LKS berdasarkan aspek isi, bahasa, penyajian, serta kesesuaian dengan model guided inquiry dan literasi sains oleh validator. Berdasarkan hasil validasi kedua LKS menunjukkan kevalidan pada aspek isi sebesar 90,37%, aspek bahasa sebesar 90%, aspek penyajian sebesar 90,48% dan aspek kesesuaian dengan model guided inquiry sebesar 89,63%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Lembar Kegiatan Siswa berbasis guided inquiry untuk meningkatkan literasi sains dinyatakan layak dari aspek kevalidannya.

Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa, Guided Inquiry, dan Literasi Sains

ABSTRACT

This study aims to determine the feasibility of student’s work sheet base guided inquiry from aspect of validity to increase science literacy of students. This research is development research with the model 4-D which consits of four steps that is define, design, develope, and disseminate. This study is limited until develope step. The instrument which used is a review sheet and a validity sheet. The review sheet is used to get suggestion and input of students’s work sheet from the supervisor. The validation sheet is used to determine the assessment of student’s work sheet based on content aspect, languange, presentation, and suitability with guided inquiry model and science literacy by validators. Based on the validation result of two student’s work sheet that show the validity on the content aspect in the amount of 90,37%, language aspect in the amount of 90%, presentation aspect in the amount of 90,48% and the suitability aspect with guided inquiry model in the amount of 89,63%. So it can conclude that student’s work sheet bases guided inquiry to increase science literacy is declared worthy of the aspect of the validity.

Keywords: Student’s Work Sheet, Guided Inquiry and Science Literacy.





Published
2018-08-07
How to Cite
EXANTI, V., & WIDODO, W. (2018). Kevalidan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/25157
Section
Articles
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 65