Keefektifan LKS Berbasis Discovery Learning Pada Materi Hukum Newton Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains
DOI:
https://doi.org/10.26740/pensa.v7i2.27552Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis discovery learning pada materi Hukum Newton untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Model pengembangan yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) meliputi tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba terbatas. Keefektifan LKS berbasis discovery learning dapat ditinjau dari hasil analisis pretest dan posttest siswa. Analisis hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa sebesar 16 anak memperoleh nilai n-gain kategori tinggi dan 3 anak memperoleh kategori sedang. Peningkatan keterampilan proses sains siswa pada setiap komponennya dengan nilai N-Gain sebesar 0,83 kategori tinggi. Hasil penelitian menujukkan bahwa LKS berbasis discovery learning pada materi Hukum Newton dinyatakan layak digunakan berdasarkan aspek kelayakan efektivitas.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 179
,
PDF Downloads: 137














