KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI KONSEP ENERGI

  • NOVIA PRAHASTI WULANDARI
  • WAHONO WIDODO

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran interaktif pada materi konsep energi. Desain penelitian ini adalah One Group Pretes Posttest. Keefektifan media pembelajaran interaktif ini diperoleh dari peningkatan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan yang diperoleh dari penilaian pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan N-gain. Hasil skor N-gain yang diperoleh sebesar 0,6 dengan kriteria sedang. Data hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan meningkat dengan kriteria peningkatan sedang. Data yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif pada materi konsep energi dikategorikan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan.

Kata Kunci: Keefektifan Media Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar, Konsep Energi

Abstract

The purpose of this research is to describe the effectiveness of interactive learning media on energy concept material. The design of this research is the One Group Pretest Posttest. The effectiveness of interactive learning media is obtained from improving student learning outcomes on aspects of knowledge obtained from the assessment of pretest and posttest, then analyzed using N-gain. The results of the N-gain score obtained are 0.6 with moderate criteria. Data on student learning outcomes in aspects of knowledge increases with moderate improvement criteria. The data obtained shows that the interactive learning media in the energy concept material are categorized as effective in improving student learning outcomes in the knowledge aspect.

Keywords: Effectiveness of Interactive Learning Media, Learning Outcomes, Energy Concept


Published
2019-05-31
How to Cite
PRAHASTI WULANDARI, N., & WIDODO, W. (2019). KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI KONSEP ENERGI. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/27930
Section
Articles
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 103