PENGGUNAAN INTERACTIVE E- BOOK IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP

  • LOLITA AGUSTIN
  • WAHONO WIDODO

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan Interactive E-Book IPA untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Bentuk desain yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah Pre-Experimental dengan rancangan penelitian One Group Pre-test – Post-test Design. Interactive E-Book IPA yang telah dikembangkan diujicobakan pada kelompok terbatas, yaitu siswa kelas VII-A di SMP LABSCHOOL UNESA, tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 20 orang. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu, peningkatan kemampuan literasi sains berdasarkan dimensi literasi sains menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Pada dimensi konteks sains terjadi peningkatan sebesar 34,0%, pada dimensi pengetahuan sains terjadi peningkatan sebesar 41,6%, dan pada dimensi kompetensi sains terjadi peningkatan sebesar 35,9%.

Kata Kunci: Interactive E-Book ,IPA, Literasi sains

Published
2019-07-01
How to Cite
AGUSTIN, L., & WIDODO, W. (2019). PENGGUNAAN INTERACTIVE E- BOOK IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/28580
Section
Articles
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 128