PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

  • Rinda Mar’atus Sholihah Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Elok Sudibyo Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Keterampilan proses sains adalah kemampuan siswa untuk menerapkan metode ilmiah dalam memahami, mengembangkan, menemukan ilmu pengetahuan. Keterampilan proses sains yang diteliti meliputi merumuskan masalah, menyusun hipotesis, mengidentifikasi variabel, menginterpretasikan data, menyimpulkan hasil percobaan. Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII materi getaran dan gelombang, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa pada keterampilan proses sains pada siswa kelas VIII materi getaran dan gelombang, (3) mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa kelas VIII dengan menerapkan pendekatan saintifik materi getaran dan gelombang. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-J yang berjumlah 23 siswa SMP Negeri 1 Plumpang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat melatihkan keterampilan proses sains siswa yang ditunjukkan dengan hasil rata-rata keterlaksanaan pembelajaran total yang didapatkan yaitu 3,65 dengan kategori sangat baik dan pengamatan aktivitas siswa hasil rata-rata sebesar 83,01% dengan kategori sangat baik.

 

Kata kunci: Pendekatan Saintifik, keterampilan proses sains.
Published
2019-12-22
How to Cite
Sholihah, R., & Sudibyo, E. (2019). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/32283
Section
Articles
Abstract Views: 252
PDF Downloads: 233