PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP

  • Arif Hidayat Universitas Negeri Surabaya
  • Elok Sudibyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di tingkat SMP. Penelitian ini menggunakan bantuan media pembelajaran berupa video animasi untuk pembelajaran pada materi interaksi makhluk hidup. Pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research And Development (R&D). Penelitian dan pengembangan ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu studi pendahuluan, studi pengembangan, dan pengujian Akan tetapi dalam penelitian ini dibatasi sampai pada tahap studi pengembangan, tepatnya pada tahap uji coba terbatas. Penelitian dilakukan di MTS Hasyim Asy’ari Sidoarjo. Uji coba dilakukan kepada 28 siswa kelas VII untuk memperoleh data hasil pemahaman awal siswa mengenai materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Hasilnya dari 28 siswa hanya 2 yang mencapai target nilai yang ditentukan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar angket sebagai presentase keminatan siswa pada materi dengan berbantuan video animasi dan lembar soal tes untuk mengetahui pemahaman siswa pada materi. Teknik pengumpulan data dengan cara metode angket, dan metode tes.
Kata Kunci: Media Animasi, Hasil Belajar

Published
2020-12-31
How to Cite
Hidayat, A., & Sudibyo, E. (2020). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 8(3), 330-333. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38409
Section
Articles
Abstract Views: 680
PDF Downloads: 493