ANALISIS KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY

Authors

  • Miftakhul Jannah Universitas Negeri Surabaya
  • Elok Sudibyo universitas negeri surabaya
  • Roihana Waliyyul Mursyidah universitas negeri surabaya

Keywords:

Guided Inquiry, Scientific Literacy, Liquid Pressure

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan literasi sains siswa setelah implementasi model pembelajaran guided inquiry pada materi tekanan zat cair. Jenis penelitian yang digunakan adalah One Group pretest-posttest design, dengan subjek penelitian yang berjumlah 17 siswa kelas VIII-B di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan tes yang disesuaikan dengan aspek dan indikator domain kompetensi literasi sains. Hasil analisis data menggunakan uji N-gain menunjukkan rata-rata skor N-gain sebesar 0,73 yang termasuk dalam kriteria tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran guided inquiry efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi sains siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, Lorin W and David, R.Krathwohl. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational. Objectives New York: Addision Wesley Longman, Inc

Aprizanti, Y. (2023). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa dalam Pembelajaran IPA Biologi. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 411–436.

Arends, Richard. (2014). Learning to Teach. Tenth Edition. New York: McGraw-Hill Education

Awaluddin, R., & Firmansyah, E. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. JPSL: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Lingkungan, 2(2), 16-27.

Banchi, H., & Bell, R. (2008). The many levels of inquiry. Science and Children, 46(2), 26–29.

Banila, L., Lestari, H., & Siskandar, R. (2021). Apllication of Blended Learning with a STEM Approach to Improve Students’ Science Literacy Ability during the Covid 19 Pandemic. Journal of Biology Learning, 3(1), 25.

Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26-37.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2023). How to design and evaluate research in education. In McGraw-Hill Higher Education (11 th). McGrraw Hill LLC,1325 Avenue of the Americas.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.

Husniyyah, A. A., Erman, E., Purnomo, T., & Budiyanto, M. (2023). Scientific Literacy Improvement Using Socio-Scientific Issues Learning. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 4(4), 447-456.

Inayati, U. (2022) Konsep dan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad-21 di SD/MI. In ICIE: International Conference on Islamic Education (2.293-304).

Kang, J. (2022). Interrelationship Between Inquiry-Based Learning and Instructional Quality in Predicting Science Literacy. Research in Science Education, 52(1), 339–355.

Khalid, K., Aisyah, N., Soemantri, A. I., & Wandiru, M. (2023). Implementasi Pembelajaran dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Peningkatan Hasil Belajar Taruna AAL The Implementation of Learning with Guided Inquiry Approach to Improve Naval Academy Cadets’ Learning Outcomes. Saintek: Jurnal Sains Teknologi Dan Profesi Akademi Angkatan Laut, 16(1), 44-50.

Kuswanto, J., Nasir, M., & Ariyansyah, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 175-180.

Meyanti, R., Bahari, Y., & Salim, I. (2019). Optimalisasi minat belajar siswa melalui model pembelajaran problem solving. In Proceedings International Conference on Teaching and Education (ICoTE) Vol (Vol. 2, No. 2).

Millenia, S. H., & Sunarti, T. (2022). Analisis Riset Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains dalam Pembelajaran Fisika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1051–1064.

Nasir, M., Muhamadiah, M., Indah, S., & Irham, I. (2023). Literasi Sains Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 324–328.

National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine. 2019. Science and Engineering for Grades 6-12: Investigation and Design at the Center. Washington, DC: The National Academies Press.

Novak, A.M., Treagust, D.F. (2022). Supporting the development of scientific understanding when constructing an evolving explanation. Discip Interdscip Sci Educ Res 4,3.

Nuzula, N. F., & Sudibyo, E. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal : Pendidikan Sains, 10(3).

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Jannah, M., Sudibyo, E., & Mursyidah, R. W. (2024). ANALISIS KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 12(3), 88–92. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/62670

Issue

Section

Articles
Abstract views: 197 , PDF Downloads: 122

Most read articles by the same author(s)

> >>