PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII SMPN 19 SURABAYA

  • Iip Chandrikasari Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Qosyim Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep siswa terhadap penerapan model collaborative learning pada materi sistem organisasi kehidupan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre-experimental. Penelitian ini menggunakan satu kelas perlakuan. Rancangan yang digunakan adalah One Group Pretest and Postest Design. Data yang diperoleh yaitu pemahaman konsep siswa dari hasil analisis diperoleh data berdistribusi normal, hasil uji t berpasangan menunjukkan perbedaan yang signifikan, dan rata-rata N-gain sebesar 0,4. Ketuntasan KKM pada pretest yaitu keseluruhan siswa tidak tuntas, sementara pada posttest yaitu sebanyak 8 siswa tuntas, dan sebanyak 22 siswa tidak tuntas. Hasil penerapan diperoleh simpulan bahwa pembelajaran model collaborative learning materi sistem organisasi kehidupan pada kelas VII L SMPN 19 Surabaya dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

 

Kata Kunci : model Collaborative Learning, peningkatan, pemahaman konsep siswa

Published
2019-12-19
How to Cite
Chandrikasari, I., & Qosyim, A. (2019). PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII SMPN 19 SURABAYA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/32285
Section
Articles
Abstract View: 38
PDF Download: 55