PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA SETELAH DITERAPKAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING

  • Shinta Trie Nurrafida Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Qosyim Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak pada manusia setelah diterapkan model collaborative learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental dengan rancangan One Grup Pretest and Posttest Design. Hasil analisis data diperoleh  data berdistribusi normal, kemudian dilakukan uji-t dengan thitung > ttabel, sehinga menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah treatment penelitian. Analisis n-gain diperoleh nilai 0,7 dengan kriteria tinggi. Kesimpulan penelitian penerapan model pembelajaran collaborative learning pada materi sistem gerak pada manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: peningkatan hasil belajar, model collaborative learning.
Published
2019-12-22
How to Cite
Nurrafida, S., & Qosyim, A. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA SETELAH DITERAPKAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/32289
Section
Articles
Abstract Views: 167
PDF Downloads: 550