PEMBELAJARAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATERI KALOR UNTUK MENINGKATAN SCIENTIFIC PROCESS SKILLS SISWA

  • Shelly Novitania Program Studi S-1 Pendidikan Sains - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Erman Erman Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan scientific process skills siswa melalui penerapan model experiential learning. Jenis Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental design yang menggunakan satu kelas eksperimen. Rancangan yang digunakan adalah one group pretest and posttest design. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes. Berdasarkan scientific process skills diperoleh peningkatan yang signifikan dengan n-gain sebesari 0,82 dengan kriteria peningkatan tinggi. Hasil implementasi diperoleh simpulan bahwa pembelajaran dengan model experiential learning pada materi kalor di kelas VII G SMP Negeri 2 Gedangan Sidoarjo dapat meningkatkan scientific process skills siswa.

 

Kata Kunci: model experiential learning, scientific process skills.
Published
2020-03-31
How to Cite
Novitania, S., & Erman, E. (2020). PEMBELAJARAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATERI KALOR UNTUK MENINGKATAN SCIENTIFIC PROCESS SKILLS SISWA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/33094
Section
Articles
Abstract Views: 194
PDF Downloads: 0