KEMAMPUAN SISWA MENGKLASIFIKASI KINGDOM ANIMALIA INVERTEBRATA: STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 JABON

  • Dania Kurrotul A’yun Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Erman Erman Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam mengklasifikasi kingdom animalia kelas invertebrata. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-A sebanyak 30 siswa di SMP Negeri 1 Jabon. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi proses pembelajaran, tes kemampuan klasifikasi (invertebrata) yang berbentuk essay, dan instrumen wawancara dan sudah tervalidasi. Teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan proses pembelajaran, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VII-A di SMP Negeri 1 Jabon memeiliki kemampuan mengklasifikasi hewan invertebrata yang rendah. Terbukti sebanyak 73% siswa termasuk kategori rendah, 17% siswa kategori sedang, dan 10% siswa kategori tinggi. Faktor-faktor yang mempengaruhi dilihat dari proses belajar mengajar di dalam kelas kemudian dibandingkan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang memperlihatkan bahwa pada proses pembelajaran kurang mempengaruhi kemampuan siswa mengklasifikasi hewan invertebrata, sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penelitian ini meliputi cara guru mengajar, sumber dan media yang digunakan.

 

Kata kunci: kemampuan mengklasifikasi, invertebrata, faktor penyebab.
Published
2019-12-22
How to Cite
A’yun, D., & Erman, E. (2019). KEMAMPUAN SISWA MENGKLASIFIKASI KINGDOM ANIMALIA INVERTEBRATA: STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 JABON. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/32294
Section
Articles
Abstract View: 110
PDF Download: 743