KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK SISWA SETELAH MENGIKUTI PEMBELAJARAN SAINTIFIK

  • Intan Putri Karina Ramadhani Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Erman Erman Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian yang ditulis memiliki tujuan untuk menggambarkan kemampuan siswa berpikir abstrak setelah mengikuti pembelajaran saintifik. Dengan menggunakan desain deskriptif, tiga puluh dua siswa kelas delapan secara sukarela berpartisipasi dalam penelitian ini. Data yang dikumpulkan melalui observasi dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas keterampilan berpikir siswa adalah berpikir konkret C2 dengan persentase 54%. Siswa yang mampu berpikir abstrak pada tahap A1 sebanyak 37% dan berpikir abstrak tahap A2 sebanyak 9%. Faktor yang mempengaruhi hal tersebut dikarenakan pembelajaran saintifik yang dilakukan belum secara teratur dilaksanakan.

 

Kata kunci: berpikir abstrak, pembelajaran saintifik.

Published
2019-12-22
How to Cite
Ramadhani, I., & Erman, E. (2019). KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK SISWA SETELAH MENGIKUTI PEMBELAJARAN SAINTIFIK. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/32296
Section
Articles
Abstract View: 85
PDF Download: 806