PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BUKU AJAR BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Muhammad Jakfar Shodik Program Studi S-1 Pendidikan Sains - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Martini Martini Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Budi Sabtiawan Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar. Jenis penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan rancangan One Group Pretest and Postest Design. Data peningkatan hasil belajar diperoleh N-gain sebesar 0,59 dengan kategori peningkatan sedang. Hasil uji t berpasangan atau output paired sampels correlation mendapatkan Sig. 0,004 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terjadi perbedaan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Kesimpulan dari penilitian ini adalah penggunaan buku ajar berbasis etnosains pada materi pencemaran lingkungan pada siswa MTs Darussalam Katimoho dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: hasil belajar, etnosains, pencemaran lingkungan.
Published
2020-03-31
How to Cite
Shodik, M., Martini, M., & Sabtiawan, W. (2020). PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BUKU AJAR BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/33139
Section
Articles
Abstract Views: 454