IDENTIFIKASI VARIASI KEGIATAN PEMBELAJARAN GURU IPA PADA TOPIK TATA SURYA MELALUI PEMBELAJARAN SAINTIFIK 5M UNTUK MENCAPAI PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR

  • Yilla Utami Ligarelsha Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Qosyim Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas perangkat pembalajaran yang telah dirancang untuk penerapan variasi kegiatan mengajar guru IPA dengan pendekatan scientific dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi tata surya. Perangkat pembelajaran yang divalidasi adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja peserta didik (LKPD). Kelayakan perangkat pembelajaran ditentukan berdasarkan hasil validitas teoritis oleh dua pakar ahli dari jurusan IPA prodi S-1 Pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yaitu yaitu menjelaskan hasil penilaian oleh kedua validator kemudian dikaitkan dengan teori yang mendukung. Dengan subjek penelitian berupa perangkat pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi. Dengan teknik pengumpulan data melalui validasi oleh dua pakar ahli dari jurusan IPA prodi S-1 Pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menentukan nilai rata-rata dari skor yang diberikan oleh kedua validator kemudian diinterpretasikan dalam interpretasi skala likert. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa perangkat pembelajaran variasi kegiatan mengajar dengan pendekatan scientific dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi tata surya dapat dikatakan valid dan layak digunakan. Dengan hasil validasi silabus memperoleh nilai rata-rata 3,92 tergolong kriteria sangat valid. Hasil validasi perangkat pembelajaran RPP memiliki nilai rata-rata 3,25 tergolong kriteria valid. Dan hasil validasi perangkat pembelajaran LKPD memiliki nilai rata-rata 3,33 tergolong kriteria sangat valid.

Kata Kunci: validitas, variasi kegiatan, pendekatan scientific

Published
2020-12-31
How to Cite
Ligarelsha, Y., & Qosyim, A. (2020). IDENTIFIKASI VARIASI KEGIATAN PEMBELAJARAN GURU IPA PADA TOPIK TATA SURYA MELALUI PEMBELAJARAN SAINTIFIK 5M UNTUK MENCAPAI PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 8(3), 320-329. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38408
Section
Articles
Abstract Views: 204
PDF Downloads: 283