PENGARUH PERMAINAN DOMINO DALAM PEMBELAJARAN PEER TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN AIR

  • Rona Tiara Sajati Universitas Negeri Surabaya
  • Erman Erman Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Budi Sabtiawan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan domino dalam pembelajaran peer teaching (tutor sebaya) terhadap motivasi belajar siswa pada materi pencemaran air. Delapan puluh orang siswa yang sedang mempelajari materi pencemaran air dipilih menjadi sampel. Dengan menggunakan desain kuasi eksperimen: pretest-posttest control group, siswa tersebut dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data motivasi belajar yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan persentase berdasarkan indikator motivasi ARCS (attention, relevance, confidence, satisfaction) dan pengaruh permainan domino terhadap hasil belajar yaitu data hasil belajar dianalsisis dengan uji-t untuk membandingkan skor gain kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa kelompok eksperimen lebih baik daripada siswa kelompok kontrol. Permainan domino dalam pembelajaran peer teaching (tutor sebaya) lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa daripada tanpa permainan domino dalam pembelajaran peer teaching (tutor sebaya).
Kata Kunci: permainan domino, peer teaching, dan motivasi belajar

Published
2020-12-31
How to Cite
Sajati, R., Erman, E., & Sabtiawan, W. (2020). PENGARUH PERMAINAN DOMINO DALAM PEMBELAJARAN PEER TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN AIR. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 8(3), 334-339. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38410
Section
Articles
Abstract View: 57
PDF Download: 61