KEVALIDAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kevalidan dari Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnosains untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pemisahan campuran. Penelitian ini merupakan jenis Research & Development (R&D) dengan model 4-D (Four-D), yang kemudian diadaptasi menjadi 3-P (Pendefinisian, Perancangan, dan Pengembangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil telaah berupa saran dan revisi yang dilakukan. Data validasi yang diperoleh berupa penilaian terhadap perangkat pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis etnosains unruk meningkatkan hasil belajar siswa. Skor rata-rata dari hasil penelitian berdasarkan validitas inernal secara keseluruhan adalah sebesar 88,75% dengan kriteria sangat layak digunakan. Dengan demikian dapat disimpulan bahwa LKPD berbasis etnosains ini layak untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: LKPD, Etnosains, dan Peningkatan Hasil Belajar