KEVALIDAN LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA KELAS VII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang berbasis Inkuiri Terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa pada Materi Suhu dan Perubahannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian uji kelayakan produk dengan model Research & Development (R&D). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berdasarkan validitas menggunakan data hasil telaah yang berupa saran dan masukan yang diberikan oleh dosen pembimbing sebelum dilakukan validasi. Kemudian data hasil validasi berupa penskoran terhadap perangkat pembelajaran dan LKS berbasis Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains yang dikembangkan. Secara keseluruhan skor rata-rata hasil penelitian berdasarkan penilaian dari dua validator diperoleh rata-rata persentase sebesar 95,47% dengan kriteria sangat layak digunakan. Hal ini dikarenakan LKS yang dikembangkan sudah sesuai dengan syarat kelayakan LKS berdasarkan validitas terdiri dari 3 syarat yaitu syarat didaktis, syarat konstruksi dan syarat teknis. LKS dapat ditentukan layak tidaknya dengan menggunakan rumus Skala Likert dengan persentase kelayakan LKS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah LKS berbasis Inkuiri terbimbing layak untuk melatihkan keterampilas proses sains siswa.
Kata kunci:LKS, Inkuiri Terbimbing, dan Keterampilan Proses Sains