ANALISIS RESPONS KEGIATAN TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN IPA MELALUI RADIO MALOWOPATI FM BOJONEGORO

  • Prastiwi Nur Fajar Aulia Universitas Negeri Surabaya
  • Dyah Astriani Universitas Negeri Surabaya
Keywords: distance learning, activity response, radio learning

Abstract

This research aimed to analyze the student responses in one of the public Junior High Schools in Bojonegoro to distance learning activities for science subjects through Radio Malowopati FM Bojonegoro. This research design used a one-shot case study. The data analysis method used is a triangulation approach with data collection techniques in the form of observation, interviews, and distributing questionnaires to students. This research involved a questionnaire respondent of 110 students and interview respondents were 1 science teacher and 3 students. The resulting response is in the form of a positive response, neutral, or negative response. The results showed that respondents gave a positive response to the aspects of interest, novelty, and usefulness of the existence of distance learning activities for science subjects through Radio Malowopati FM Bojonegoro.

Author Biographies

Prastiwi Nur Fajar Aulia, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Dyah Astriani, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

References

Alfansyur, A. & Mariyani. (2020). Seni mengelola data: penerapan triangulasi teknik, sumber, dan waktu pada penelitian sosial. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.3442

Basar, A. M. (2021). Problematika pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19 (studi kasus di SMPIT Nurul Fajri, Cikarang Barat, Bekasi). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Baso, O., & Sappaile, I. (2007). Pembobotan butir pernyataan dalam bentuk skala likert dengan pendekatan distribusi z. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(064), 1–8. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i69.345

Darna, N., & Herlina, E. (2018). Memilih metode penelitian yang tepat. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 287–292. https://doi.org/10.2827/jeim.v5i1.1359g1118

Mamluah, S. K., & Maulidi, A. (2021). Pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 869–877. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.800

Mustajab, A., Syamsijulianto T., Tatsar, M. Z., & Priyadi, R. (2021). Pemanfaatan radio untuk mengatasi keterbatasan jaringan pada pembelajaran daring selama masa pandemi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 560–565. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.4608

Nugraheni, D. (2018). Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis inquiry materi pengukuran untuk meningkatkan kreatifitas siswa. Natural : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 98–103. https://doi.org/10.30738/natural.v5i2.3252

Pramuaji, K. A. (2018). Uji validitas dan reliabilitas alat ukur penelitian: Questionnare emphaty. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 9(2), 74–78. https://doi.org/10.23887/jibk.v9i2.18009

Primasari, I. F. N. D. (2021). Kendala pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara online selama masa pandemik covid-19 di sekolah dasar. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820

Risalah, A. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap kegiatan belajar mengajar di MI/SD (studi KBM berbasis daring bagi guru dan siswa). Jiees : Journal of Islamic Education at Elementary School Jiees, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.5

Rosalia, N. (2012). Faktor-faktor penting daya tarik stasiun radio bagi pendengar radio di Kota Semarang. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 77–86. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/Interaksi/Article/View/4450

Sarwono, J. (2015). Mengubah data ordinal ke data interval dengan metode meassurement succesive interval (MSI). 250–259. http://www.jonathansarwono.info/Teori_Spss/MSI.Pdf

Silvi, F. J. & F. N. (2016). Efektivitas program siaran radio suara pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan (studi di Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang). Publika : Jurnal S1 Administrasi Negara, 4(3), 1–8. https://doi.org/10.26740/publika.v4n3.p%25p

Simanjuntak, S. Y. (2020). Respons guru terhadap kebijakan pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 125–136. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.108

Sinaga, L. (2020). Analisis strategi PJJ pada materi IPA selama pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia ( JPPIPAI ), 1(1), 29–33. https://doi.org/10.35719/vektor.v1i1.6

Sudihartini, E. & Wahyudin. (2019). Pembelajaran berbasis digital : studi penggunaan geogebra berbantuan e-learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Tatsqif, 17(1), 87–103. https://doi.org/10.20414/jtg.v17i1.944

Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274

Published
2023-01-31
How to Cite
Aulia, P. N. F., & Astriani, D. (2023). ANALISIS RESPONS KEGIATAN TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN IPA MELALUI RADIO MALOWOPATI FM BOJONEGORO. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 11(1), 68-73. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/46855
Section
Articles
Abstract Views: 135
PDF Downloads: 98