KETERLAKSANAAN DAN RESPONS SISWA TERHADAP PENERAPAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN LKPD BERORIENTASI SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES
Abstract
This study aimed to describe the implementation and student responses to the application of guided inquiry assisted by worksheets oriented to Socio-Scientific Issues (SSI). The type of research used is descriptive quantitative with pre-experimental design. The subjects in this study were 32 students of class VIII. The instruments used to collect data were learning implementation sheets and student response questionnaires. The technique of collecting data in this research is using observation and survey methods. The results of the study showed that learning was carried out very well in the two meetings and the students' responses to the learning model received very good responses as shown by an average result of ≥ 76%.
References
Faidy, A. B., & Arsana, I. M. (2014). Hubungan pemberian reward dan punishment dengan motivasi belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas XI. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(2), 454–468. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n2.p454-468
Gani, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran dan persepsi tentang matematika terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa Smp Negeri di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 337. https://doi.org/10.26858/jds.v3i3.1700
Hendriyadi, Mulyanratna, M., & Mitarlis. (2014). Penerapan pembelajaran IPA terpadu dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media poster pada tema pemanasan global di Smp Negeri 2 Menganti Kabupaten Gresik. 117–122. https://www.neliti.com/id/publications/250282/
Hidayati, N., Bustan, A., & Hartanto, T. J. (2021). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi tekanan di kelas VIII semester II Smp Negeri 8 Palangka Raya Tahun Ajaran 2019/2020. Gamaproionukelus, 2(1), 66–77.
Irawanto, T. (2019). Pengaruh penerapan model pembelajaran guided inquiry pada pembelajaran kompetensi menerapkan pencucian dan penyimpanan di kelas X jasa boga SMKN 2 Jombang. 8(2), 307–315. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/27497
Kirana, D. G., Budiyanto, M., Purnomo, A. R., Ipa, J., Matematika, F., Ilmu, D., Alam, P., & Surabaya, U. N. (2022). Meningkatkan kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran IPA berbasis socio-scientific issues pada materi pencemaran lingkungan. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(2), 260–265. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/45095
Kuhlthau, C. C. (2010). Guided inquiry : learning in the 21st century school. In Li brar ies Un lim ited, Inc., 88 Post Road West, Westport, CT 06881 A Mem ber of the Green wood Pub lish ing Group, Inc. www.lu.com (Vol. 16, Issue 1).
Llewellyn, D. J. (2013). Teaching High School Science Through Inquiry and Argumentation (Second, Vol. 21, Issue 1).
Nazilah, N., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2019). Pengaruh bahan ajar berbasis socio-scientific issues pada materi pemanasan global untuk melatih kemampuan literasi sains siswa. Natural Science Education Research, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.4162
Nuari, A. J., Lestari, R., & Dahlia. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Rambah tahun pembelajaran 2015/2016. https://www.neliti.com/publications/109930/pengaruh-model-pembelajaran-inkuiri-terbimbing-terhadap-hasil-belajar-siswa-kela
Putriana, A. R., Suryawati, E., Suzanti, F., & Zulfarina. (2020). Pengembangan LKPD berbasis socio scientific issue (SSI) pada pembelajaran ipa Smp kelas VII. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(1), 80–89. https://doi.org/10.33578/pjr.v4i1.7919
Rahayu, S. (2019). Socioscientific issues : manfaatnya dalam meningkatkan pemahaman konsep sains , Nature of Science ( NOS ) dan Higher Order Thinking Skills ( HOTS ). In S. Rahayu (Ed.), Seminar Nasional Pendidikan IPA UNESA (pp. 1–14). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.16332.16004
Riyadi, I. P., Prayitno, B. A., & Marjono. (2015). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi sistem koordinasi untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa kelas XI IPA 3 Sma Batik 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 37–48.
Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi bahan ajar dengan konteks socio-scientific issues pada materi zat aditif makanan untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8814
Slavin, R. E. (2018). Educational psychology. In Psychological Bulletin (Twelfth, Vol. 25, Issue 7). https://doi.org/10.1037/h0074121
Sumiati, & Wildan, J. S. (2017). Pengaruh pembelajaran berbasis socio scientific issues (SSI) terhadap hasil belajar kimia materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI Ipa Sman 1 Bayan Tahun Pelajaran 2016/2017. http://eprints.unram.ac.id/9347/1/Sumiati.pdf
Todd K, S., & Shackelford, V. W. (2021). Encyclopedia of Evolutionary Psychological Science. In Encyclopedia of Evolutionary Psychological Science. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-19650-3_542
Wang, H. H., Hong, Z. R., Liu, S. C., & Lin, H. S. (2018). The impact of socio-scientific issue discussions on student environmentalism. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(12). https://doi.org/10.29333/ejmste/95134
Yuberti. (2014). Teori pembelajaran dan pengembangan bahan ajar dalam pendidikan. In Psikologi Pendidikan (Vol. 1). http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5799
Copyright (c) 2023 PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PDF Downloads: 28