VALIDITAS PERANGKAT AJAR BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA

Authors

  • Nadiva Annisa Pramesti Universitas Negeri Surabaya
  • Dhita Ayu Permata Sari

Keywords:

Perangkat Ajar, Inkuiri Terbimbing , Keterampilan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan perangkat ajar berbasis inkuiri terbimbing pada materi bumi dan tata surya, pada topik rotasi bumi, gerhana dan fase bulan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Perangkat ajar yang dideskripsikan meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan lembar uji keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survei yang dilakukan oleh tiga validator ahli, yaitu dua dosen dan sati guru IPA SMP. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi. Hasil validasi yang didapatkan berupa skor dan saran untuk perbaikan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis validasi ahli menggunakan modus. Hasil validasi rencana pelaksanaan pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan lembar uji keterampilan berpikir kritis menunjukkan hasil yang sama yaitu modus sebesar 4 sehingga termasuk dalam kategori valid. Hasil tersebut menunjukkan bahwa perangkat ajar dikatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan dilakukan revisi berdasarakan saran yang telah diberikan validator. Kesimpulan penelitian ini adalah perangkat ajar berbasis inkuiri terbimbing dinyatakan layak dari aspek validitas untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi bumi dan tata surya khususnya pada topik rotasi, gerhana dan fase bulan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajwar, M., Prayitno, B. A., & Sunarno, W. (2015). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi terhadap prestasi belajar ditinjau dari berpikir kritis dan kedisiplinan belajar siswa kelas X MIA SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Inkuiri, 4(3), 127–135.

Amalia, N. F. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma pada Materi Asam Basa. 8(2).

Ariadila S N, Silalahi Y F N, Fadiyah F H, Jamaludin U, & Setiawan S. (2023). Analisis Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Pembelajaran Bagi Siswa. https://doi.org/10.5281/ZENODO.8436970

Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi aksara.

Barnaby, B. (2016). From Theory to Practice: Critical Thinking as a Multifaceted Concept. Journal of Perspectives in Applied Academic Practice, 4(3).

Cahyani, K. N. (2023). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Materi Bumi dan Satelitnya.

Fadzillah, Y. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Bumi Dan Tata Surya Di UPT SMPN 4 Tambang.

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk SMA Kelas X. 4.

Fitriyah, L. A., & Wardana, H. K. (2019). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Unsur, Senyawa, dan Campuran Dengan Pendekatan STEM.

Handayani, F. (2020). Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Literasi Digital Berbasis STEM pada Masa Pandemik Covid 19. Cendekiawan, 2(2), 69–72. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.184

Hapiza, N. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran STEM-PJBL dengan Pendekatan Etnosains pada Materi Tata Surya di MTs Negeri 1 Pekanbaru.

Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Penerbit Erlangga.

Kivunja, C. (2015). Using De Bono’s Six Thinking Hats Model to Teach Critical Thinking and Problem Solving Skills Essential for Success in the 21st Century Economy. Creative Education, 06(03), 380–391. https://doi.org/10.4236/ce.2015.63037

Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.

Kurikulum, B. S. (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

National Education Association. (2014). Preparing 21st Century Students for a Global Society: An Educator’s Guide to the “Four Cs.

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Pangaribuan, F. A. (2013). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata kuliah seni lukis I Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni.

Parwati, G. A. P. U., Rapi, N. K., & Rachmawati, D. O. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(1), 49. https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i1.26724

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151

Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu: Implementasi Kurikulum 2018 Untuk SD/MI. Kencana.

Putra, I. N. A., Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2018). Pengembangan Multimedia Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak di TK Negeri Pembina Singaraja. 6.

Retnaningsih, W. S., Maasawet, E. T., & Boleng, D. T. (2017). Analisis Permasalahan Guru dan Siswa Terkait Perangkat Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Inquiry dan Keterampilan Penulisan Laporan Ilmiah.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian. Alfa Beta.

Zubaidah, S., Mahanal, S., Yuliati, L., Dasna, I. W., Pangestuti, A. A., Puspitasari, D. R., Mahfudhillah, H. T., Robitah, A., Kurniawati, Z. L., & Rosyida, F. (2017). Ilmu pengetahuan alam: Buku guru SMP/MTs Kelas VIII.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Pramesti, N. A., & Sari, D. A. P. (2024). VALIDITAS PERANGKAT AJAR BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 12(2), 64–71. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/62037

Issue

Section

Articles
Abstract views: 5 , PDF Downloads: 3

Most read articles by the same author(s)