VALIDITAS LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI TEKANAN ZAT CAIR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan LKS berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi tekanan zat cair. Penelitian ini dilakukan di SMPN 15 Surabaya pada kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan R&D (Research and Development) dan penelitian ini telah sampai pada tahap ke-5. Tahapan tersebut meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, dan revisi produk. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi LKS untuk mengukur kevalidan. Dari hasil penilaian yang didapatkan melalui proses validasi oleh validator dosen ahli dan guru mata pelajaran IPA didapatkan rata-rata nilai validitas pada aspek identitas LKS sebesar 94,66% dan 93,33%, aspek syarat didaktik sebesar 90,66%, aspek syarat konstruksi sebesar 96,66% dan 95,00%, pada aspek sayarat teknis sebesar 95,55% dan 91,10%. Simpulan penelitian LKS berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi tekanan zat cair berkategori valid.
Kata Kunci: Validitas, LKS, Inkuiri Terbimbing, Tekanan Zat Cair