KEEFEKTIFAN LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA SUB MATERI PENCEMARAN AIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

  • Ismawati Ismawati Program Studi S-1 Pendidikan Sains - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Hasan Subekti Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Dhita Ayu Permata Sari Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan LKS berbasis inkuiri terbimbing pada sub materi pencemaran air untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Sidoarjo pada kelas VIII-J dengan jumlah peserta didik sebanyak 32. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dibatasi sampai pada tahap develop (Pengembangan). Hasil penelitian keefektifan LKS berbasis inkuiri terbimbing dapat ditinjau dari hasil analisis pre-test dan post-test siswa. Analisis hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa sebesar 13 siswa memperoleh nilai n-gain dalam kategori tinggi dan 19 siswa memperoleh n-gain dengan kategori sedang. Hasil penelitian menujukkan bahwa LKS berbasis inkuiri terbimbingpada sub materi pencemaran air dinyatakan layak digunakan berdasarkan aspek kelayakan efektivitas.

 

Kata Kunci: KeefektifanLKS, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis.
Published
2020-03-31
How to Cite
Ismawati, I., Subekti, H., & Sari, D. (2020). KEEFEKTIFAN LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA SUB MATERI PENCEMARAN AIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/33153
Section
Articles
Abstract Views: 177